Breaking News
Home >> Gadget >> Google Pixel Resmi Dirilis, Google Nexus Tutup Usia
google-pixel

Google Pixel Resmi Dirilis, Google Nexus Tutup Usia

SAN FRANCISCO – Pengumuman ponsel baru Google, Pixel dan Pixel XL, akhirnya menjawab teka-teki mengenai kelangsungan proyek Nexus. Sebagai informasi, Nexus sudah melahirkan delapan smartphone, empat tablet, dan dua media player.
Namun dengan kehadiran seri Pixel dapat dipastikan bahwa Nexus tak lagi berlanjut. Mengutip informasi dari laman The Verge, Rabu (5/10), Google menuturkan pihaknya tak berencana untuk membuat seri Nexus selanjutnya, yang menandakan ini adalah akhir dari seri tersebut.
Google sendiri tak merinci lebih lanjut bagaimana nantinya dukungan terhadap Nexus. Pun demikian, mengingat sampai saat ini Nexus masih terus mendapat pembaruan dari sisi software, kemungkinan besar hal itu masih akan dilakukan. Program Nexus sendiri hadir sebagai cara Google untuk memberikan contoh bagaimana seharusnya sebuah ponsel Android dibuat.
Smartphone Google Pixel sendiri, telah resmi dirilis Rabu (5/10) dini hari di San Fransisco, California, Amerika Serikat. Ponsel pertama yang memiliki fitur Google Assistant ini hadir dalam dua versi yakni layar berukuran 5 inci dan 5,5 inci.
Google Pixel pun hadir dalam dua varian memori internal yakni 32GB dan 128GB yang masing-masing dibanderol Rp 8,4 juta (US$ 649) dan Rp 9,7 juta (US$ 749). Sedangkan untuk Google Pixel XL hanya tersedia dengan memori internal 128GB dengan banderol Rp 11,2 jutaan (US$ 869).
Google Pixel terbilang sebagai smartphone premium dengan spesifikasi yang ditawarkan di dalamnya. Kira-kira apa saja spesifikasi yang diusung oleh Google Pixel?
Mengutip Ubergizmo, Rabu (5/10), kedua Google Pixel tersebut dipersenjatai chipset Snapdragon 821 besutan Qualcomm dan RAM 4GB. Masing-masing memiliki baterai berkapasitas 2.770mAh dan 3.450mAh yang dilengkapi dengan fitur fast charging.
Ditambah, Google juga mengungulkan kemampuan fotografi kedua smartphone ini. Untuk kamera sendiri, Google menyematkan sensor kamera 12,3MP yang mendapat skor 89 dari DXO Mark. Sekadar informasi, DXO Mark merupakan perusahaan software yang kerap menguji kualitas sensor kamera digital. (l6)