Breaking News
Home >> Samarinda >> Gratis Tambah Daya Listrik ke 1.300 Volt Ampere
BASUKI RAHMAN
BASUKI RAHMAN

Gratis Tambah Daya Listrik ke 1.300 Volt Ampere

Untuk Daya 900 Va Berakhir 31 Desember 2016

SAMARINDA – Manager Perusaha­an Listrik Negara (PLN) Area Samarinda Basuki Rahman mengimbau kepada seluruh masyarakat pelanggan rumah tangga yang memiliki kapasitas daya sambungan listrik 900 Volt Ampere (Va), untuk segera menambah daya ke 1.300 Va sebelum 31 Desember 2016 mendatang. Penambahan daya ini diberikan cuma-cuma alias gratis dan telah menjadi program nasional.
“Ini tentu kabar gembira, khusus bagi pelanggan PLN yang kini masih memiliki daya sambungan listrik 900 Va dan ingin menuju ke 1.300 Va. Jadi jangan sampai terlewatkan kesempatan yang baik ini, karena setelah batas waktu ditetapkan (31 Desember 2016), penambahan daya akan dikenakan biaya normal kembali,” ucap Basuki kepada Koran Kaltim.
Ia menjelaskan syarat untuk menambah daya ke 1.300 Va juga tidaklah terlalu sulit, pelanggan cukup membawa nomor rekening listrik dan juga Kartu Tanda Penduduk (KTP) kepada kantor pelayanan terdekat guna ditindaklanjuti sesuai dengan prosedur ditetapkan.
“Prosesnya tidak lama penambahan daya gratis ini, bisa sekitar lima hari karena hanya mengganti pembatas lalu membuat berita acara dan disegel, setelah itu pelanggan dapat menikmati daya 1.300 Va. Sejauh ini untuk wilayah Samarinda yang sudah menambah daya ke 1.300 Va berkisar 557 sambungan,” tuturnya.
Basuki juga memberikan imbauan kepada pelanggan non pra bayar untuk bisa segera bermigrasi kepada pelanggan listrik pra bayar. Apalagi dengan menggunakan listrik pra bayar, menurutnya banyak kemudahan dan kelebihan yang didapat oleh pelanggan itu sendiri, misal pelanggan tidak perlu lagi membayar biaya beban jika rumah dalam keadaan kosong, meteran listrik tidak lagi dicatat oleh petugas, pelanggan bisa mengatur lebih hemat penggunaan listik dan untuk mendapatkan voucher listriknya juga sangat mudah.
“Pra bayar ini merupakan listrik pintar, pelanggan pun tidak perlu khawatir jika kehabisan pulsanya di malam hari. Karena listrik pra bayar bisa mengingatkan pelanggan sebelum vouchernya itu habis dengan bunyi alarm yang tersedia. Untuk wilayah Samarinda, pelanggan yang menggunakan pra bayar sudah berkisar 50 persen dari 410 ribu jumlah pelanggan,” terangya. Untuk diketahui wilayah kerja PLN Area Samarinda juga meliputi wilayah Kutai Kartanegara (Kukar), Kutai Barat (Kubar) dan Mahakam Ulu (Mahulu). (dme)