Breaking News
Home >> Koran Kaltara >> Gubernur Apresiasi Kegiatan FKDM
BERI ARAHAN : Gubernur, Dr H Irianto Lambrie saat menghadiri kegiatan FKDM Kaltara di Leppak Komai Cafe, Senin (28/11).
BERI ARAHAN : Gubernur, Dr H Irianto Lambrie saat menghadiri kegiatan FKDM Kaltara di Leppak Komai Cafe, Senin (28/11).

Gubernur Apresiasi Kegiatan FKDM

Diharapkan Mampu Deteksi Permasalahan

TANJUNG SELOR – Keberadaan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kaltara, mendapat apresiasi oleh gubernur Kaltara, H Irianto Lambrie. Forum ini ini dibentuk, sebagai upaya peningkatan pendeteksian dini, kesigapan dan antisipasi terhadap timbulnya permasalahan di masyarakat.
Apresiasi diberikan oleh gubernur saat menghadiri silaturahmi FKDM, dalam rangka peningkatan peran FKDM dan masyarakat Kaltara, dalam deteksi dini, cegah dini dan waspada dini di Leppak Komai Cafe, Senin (28/11) malam.
Masyarakat, kata gubernur, perlu terlibat langsung dalam memberikan kontribusinya. Karena sekecil apapun kontribusi yang diberikan dari setiap masyarakat akan berdampak besar dan positif kepada upaya percepatan pembangunan di Kaltara.
“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, sebagai bagian bentuk pelaksanaan FKDM. Diskusi dan silaturahmi seperti ini harus sering dilakukan mengingat penguatan ideologi dalam menangkal adanya radikalisme dan bahaya-bahaya lain seperti narkoba, yang mengancam NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) sangat perlu untuk diwaspadai,” ujar gubernur.
Menurutnya, silaturahmi FKDM sangat penting dilaksanakan, mengingat komunikasi yang kuat antara pemerintah dan masyarakat merupakan bagian dari terselenggaranya pemerintahan yang bersih, transparan, dan baik, sehingga prinsip demokrasi akan tetap terus terjaga.
“Bukan hanya sebagai organisasi semata, tapi FKDM harus mampu menimbulkan rasa peduli. Serta harus mampu menjadi mitra pemerintah daerah dalam upaya pencegahan ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan,” ujarnya.
FKDM, diharapkan selalu mengembangkan peran dan partisipasinya dalam menjaga keamanan dan ketertiban, kerjasama antara pemerintah dan masyarakat semakin mudah dilaksanakan, dengan demikian untuk kedepannya akan semakin mudah dalam menghadapi permasalahan dan tantangan jaman. “Keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat merupakan suatu kondisi dinamis, sebagai salah satu persyaratan terselenggaranya proses pembangunan di Kaltara,” kata gubernur.
Disamping itu, dirinya mengharapkan efektifitas FKDM mampu menjaring, menampung, dan mengkomunikasikan data dan informasi dari masyarakat mengenai potensi ancaman keamanan dan lainnya. Termasuk pula gejala atau peristiwa bencana dalam rangka upaya pencegahan dan penanggulangan secara dini di Kaltara. (adv)