Home >> PEMPROV KALIMANTAN UTARA >> Gubernur Harapkan Kinerja Baik Satgas Saber Pungli

Gubernur Harapkan Kinerja Baik Satgas Saber Pungli

BALIKPAPAN – Gubernur Kaltara, Dr H Irianto Lambrie berharap Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) dapat bekerja dengan baik dalam upaya membersihkan pungli di Kalimantan Utara. Gubernur meminta adanya tindakan preventif dan kuratif supaya instansi birokrasi benar-benar bersih dari pungli
Kendati demikian, penindakan pungli tetap harus sesuai dengan prosedur yang diatur dalam ketentuan yang berlaku. Masyarakat dan birokrasi, lanjut Irianto harus mampu merubah mindset dan pola pikir, dan hal itu dimulai dari perubahan pola pikir pemimpin. “Seorang pemimpin misalnya kepala SKPD wajib menunjukkan keteladanan,” ujar Irianto di Ruang Mahakam, Mapolda Kaltim, Jumat (18/11).
Dirinya bercita-cita, di Kaltara bebas pungli. Untuk itu, upaya yang akan dilakukan adalah melaksanakan sistem pelayanan pemerintahan berbasis online. Dengan begitu, lanjut Irianto indikasi terjadinya pungli dapat diminimalisir sebaik mungkin. “Saya harap, satgas pungli dapat bekerja secara independen,” tegasnya.
Sasaran utama pemberantasan pungli adalah menghadirkan kemudahan berbisnis di Indonesia. Pungli, lanjutnya, menyebabkan daya saing perekonomian Indonesia terus merosot, sehingga mengakibatkan investor kesulitan menanamkan modalnya dikarenakan adanya biaya tambahan yang cukup tinggi.
Selain itu, Irianto juga mengimbau kepada pemerintah kabupaten/kota se-Kaltara agar bisa menindaklanjutinya dengan mengeluarkan edaran yang dimungkinkan setiap institusi agar menyiapkan tim satgas saber pungli sendiri. Sebab hal ini, berdasarkan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 700/4288/sj tanggal 1 November 2016. “Bapak presiden berharap tim ini dapat menyadarkan para penyelenggara negara,” katanya.
Kepada satgas yang baru dikukuhkan, diharapkan untuk segera melakukan aksi nyata. Satgas saber Pungli, menurutnya, tidak hanya terbatas pada acara seremonial. “Aksi nyata dari tim satgas saber pungli saya harap segera dilakukan, agar masyarakat dapat terlayani dengan baik,” jelas Irianto.
Dia menambahkan, agar masyarakat ikut berpartisipasi upaya pemberantasan pungli. Jika menemukan indikasi pungli, Irianto meminta agar masyarakat segera melaporkannya dengan menyertakan bukti otentik. (adv)