Breaking News
Home >> PEMPROV KALIMANTAN UTARA >> Harapkan Teknologi Bermanfaat Bagi Desa
TINJAU STAND KALTARA : Wagub Kaltara, H Udin Hianggio meninjau stand milik Kaltara pada acara Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Rabu (23/11).
TINJAU STAND KALTARA : Wagub Kaltara, H Udin Hianggio meninjau stand milik Kaltara pada acara Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Rabu (23/11).

Harapkan Teknologi Bermanfaat Bagi Desa

MATARAM – Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara, H Udin Hianggio berharap teknologi dapat bermanfaat masyarakat di Kaltara, khususnya di wilayah pedesaan. Hal tersebut dapat mendorong masyarakat untuk bisa lebih leluasa mengakses informasi mengenai perkembangan perekonomian yang ada di Kaltara.
“Saya berharap, hal ini dapat berdampak pada pengembangan perekonomian masyarakat Kaltara,” ujar Udin saat menghadiri acara Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional di Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (23/11).
Hadir dalam acara tersebut Menteri Desa dan PDT, Eko Putro Sandjojo yang membuka dan sekaligus memberikan penyerahan penghargaan bagi para juara lomba inovasi Teknologi Tepat Guna di tingkat nasional.
Lebih lanjut, H Udin mengatakan Kaltara memiliki peluang yang lebih besar untuk mengembangkan teknologi tepat guna. Misalnya, produk yang menjadi ciri khas tertentu di desa tersebut berpotensi untuk dikembangkan yang berdampak pada pengembangan perekonomian di Kaltara.
“Peluang kita jauh lebih besar. Misalnya saja untuk desa yang punya ciri khas produk tertentu agar dapat dikembangkan sesuai arahan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pada saat membuka acara tadi. Di Tanjung Selor kita memiliki Desa Mangkupadi dengan produk ladanya. Jika kita kembangkan dengan baik dan dengan mengaplikasikan teknologi tepat guna, saya yakin akan meningkatkan perekonomian para petani di sana dan dapat menjadi percontohan bagi desa lain di Kaltara,” ujarnya.
Wagub berharap, agar teknologi yang ditemukan dapat benar-benar bermanfaat bagi masyarakat . Selain itu harus ada komunikasi yang baik antar para penemu teknologi tepat guna dengan instansi terkait agar teknologi yang diaplikasikan dan program yang direncanakan dapat berjalan dengan baik dan benar-benar menyentuh masyarakat. (adv)