Breaking News
Home >> Ekonomi kaltim >> Harga Cabai Turun

Harga Cabai Turun

TENGGARONG – Dalam beberapa minggu terakhir curah hujan yang tinggi ternyata memicu menurunnya harga cabai di pasar tradisional Mangkurawang, Tenggarong.
Informasi yang dihimpun Koran Kaltim di Pasar Mangkurawang, Selasa (29/11), penurunan harga cabai terjadi sejak beberapa hari yang lalu.
Semula harga cabai rawit hijau Rp 40 ribu per kilogram, baru beberapa hari harga cabai tersebut turun menjadi Rp 35 ribu per kilogram.
Sementara harga cabai merah turun dari Rp 50 ribu menjadi 45 ribu, cabai merah kriting turun dari Rp 50 ribu menjadi Rp 45 ribu.
Isman (35), seorang pedagang cabai mengatakan, penurunan harga cabai ini baru terjadi beberapa hari ini saat memasuki musim hujan
“Penurunan harga cabai ini memang tidak dapat diprediksi, apa lagi sekarang lagi musim hujan, masyarakat yang beli juga kebanyakan pada mengeluh, kadang naik, kadang turun. Jadi memang tidak bisa stabil,” kata Isman Kepada Koran Kaltim.
Isman mengatakan harga komoditas cabai diprediksi akan naik secara drastis ketika menjelang natal dan tahun baru.
“Permintaan cabai di akhir tahun diprediksi akan meningkat, dan bisa dipastikan harga cabai juga akan melambung tinggi,” jelasnya.
Isman hanya membeli cabai dari daerah Kukar saja. Dalam sehari Isman bisa menghabiskan 3 sampai 4 kilogram.(yul1116)