Breaking News
Home >> PPU - Paser >> Hari Ini, Apel Nusantara Bersatu

Hari Ini, Apel Nusantara Bersatu

TANA PASER – Pada Rabu (30/11), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser beserta seluruh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan elemen masyarakat akan menggelar apel Gerakan Nasional Nusantara Bersatu di halaman Kantor Bupati Paser.
Demikian disampaikan Asisten I Bidang Pemerintahan Setkab Paser Heriansyah Idris didampingi Kasubbag Tata Pemerintahan (Tapem) Rizky Noviar kepada Koran Kaltim, Selasa (29/11).
“Apel Gerakan Nasional Nusantara bersatu ini, merupakan jawaban terhadap maraknya isu makar oleh sejumlah pihak yang ingin memecah belah bangsa belakangan ini. Indonesia adalah milik kita bersama, maka apabila ada ancaman untuk memecah belah NKRI, kita atasi bersama-sama dengan menunjukkan nusantara bersatu,” katanya.
Apel Gerakan Nasional Nusantara bersatu itu, lanjut dia, yang digagas oleh Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo secara serentak dilakukan di seluruh wilayah Indonesia pada 30 November.
“Walaupun isu gerakan makar masih belum terbukti kebenarannya, namun isu itu tidak bisa dianggap sepele, dan kita harus selalu waspada untuk mempererat kesatuan bangsa. Salah satunya, dengan melaksanakan apel Gerakan Nasional Nusantara Bersatu pada hari Rabu besok (hari ini), yang dilaksanakan secara serentak,” ucapnya.
Dikatakan, pihaknya telah mengundang sejumlah pihak untuk menghadiri kegiatan tersebut. Seperti para pejabat di Lingkungan Pemkab Paser, seluruh unsur Forkopimda, DPRD, Muspika, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan para peserta didik di Kabupaten Paser.
“Berdasarkan surat Dandim 0904/TNG tertanggal 28 November 2016, kami telah menyebarkan undangan untuk mengikuti kegiatan Gerakan Nasional Nusantara Bersatu yang bertajuk ‘Nusantara bersatu, Indonesia milikku, milikmu dan milik kita bersama,” ujarnya.
Dijelaskan, acara tersebut akan diisi oleh serangkaian agenda. Di antaranya, orasi dari masing-masing komponen masyarakat. Adapun yang akan melakukan orasi yakni Bupati Paser Yusriansyah Syarkawie, Dandim 0904/TNG Letkol Arm Mulyadi dan Kapolres Paser AKBP Hendra Kurniawan.
Tokoh agama juga diberi kesempatan untuk melakukan orasi. “Dan bagi peserta apel Gerakan Nasional Nusantara Bersatu menggunakan pakaian sesuai hari itu, dengan menggunakan ikat kepala berwarna merah putih,” paparnya.
Sebagaimana diketahui, bangsa Indonesia di penghujung 2016 dihadapi dengan berbagai persoalan, termasuk keutuhan NKRI.
Melihat kondisi tersebut, Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo menggagas Gerakan Nasional Nusantara Bersatu sebagai bentuk mempererat kesatuan bangsa dalam rangka mempertahankan keutuhan NKRI. (sur)