Breaking News
Home >> Koran Kaltara >> Hari Bakti PU, Tanam 2.450 Bibit Pohon

Hari Bakti PU, Tanam 2.450 Bibit Pohon

TANJUNG SELOR – Dalam rangka hari bakti Pekerjaan Umum (PU) yang ke 71, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPU-TR) Provinsi Kaltara menggelar kegiatan menanam pohon di Tanjung Selor, Rabu (30/11).
Dalam kegiatan yang dilakukan serentak di 34 provinsi di Indonesia ini, sekitar 2.450 bibit pohon jenis trembesi dan mahoni ditanam di 3 titik, yaitu di tepian Sungai Kayan mulai dari pelabuhan Kulteka, lokasi Instalasi Penjernihan Air (IPA) di Sabanar Lama dan di Desa Pimping, Kecamatan Tanjung Palas Utara.
Gubernur Kaltara DR H Irianto Lambrie diwakili Sekretaris Provinsi Kaltara Drs H Badrun, menyambut baik dan mendukung penuh aksi menanam pohon ini. Ia menilai penanaman pohon yang dicanangkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu sangatlah penting. Pasalnya dengan menanam pohon menjadi bentuk kepedulian pemerintah dalam menyelamatkan lingkungan dan menjaga kelestarian alam.
“Kami berterimakasih atas kehadiran Direktur Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum Muhammad Nasir, mewakili Menteri PUPR untuk hadir secara langsung atas semua program yang telah dilaksanakan di wilayah kabupaten/kota di Provinsi Kaltara. Tentunya kami mengapresiasi kegiatan ini dan sangat mendukung aksi menanam pohon. Mudah-mudahan penyediaan pelayanan masyarakat untuk Pemprov Kaltara akan tetap mendapatkan dukungan program dari Kementerian PUPR,” katanya.
Direktur Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum Muhammad Nasir yang hadir secara langsung pada kegiatan tersebut mengatakan, penanaman pohon dalam perayaan Hari Bakti PU ke 71 merupakan aksi konkrit dan upaya nyata di 34 provinsi untuk memulihkan kondisi aliran sungai. “Juga sebagai peningkatan luasan kualitas ruang, ruang terbuka hijau dan sebagai fungsi esensial ekologis dan ruang kehidupan yang lebih berkualitas,” ujarnya.
Kementerian PUPR lanjutnya, setiap tahunnya berkomitmen untuk menumbuhkan kebiasaan melestarikan ingkungan dengan menanam pohon dan sebagai bentuk keikutsertaan Kementerian PUPR dalam kegiatan revitalisasi Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA). “Sekaligus membangun kesadaran masyarakat untuk lebih aktif dalam penanaman pohon dan merawatnya. Ini adalah tugas kita semua dalam merawat dan menjaganya,” katanya. (adv)