Dipublish: 8 April 2013, 21:31

Hari ini, KPU Buka Penerimaan Berkas DCS

TENGGARONG–Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD)  Kutai Kartanegara (Kukar) mulai hari ini, Selasa, (9/4) membuka penerimaan berkas Daftar Caleg Sementara (DCS) dari 12 partai politik yang lolos verifikasi KPU untuk pemilu 2014 mendatang. Pendaftaran DCS ini  dibuka sejak pukul 08.00 Wita hingga pukul 16. 00 Wita di kantor KPUD Kukar, Jl Wolter Monginsidi, Kelurahan Timbau, Kecamatan Tenggarong, Kukar.
“Kami sudah melakukan beberapa persiapan untuk penerimaan DCS ini, termasuk membentuk tim dari lima anggota KPUD Kukar,” kata Ketua KPUD Kukar, Rinda Desianti, saat ditemui Koran Kaltim, kemarin.
Menurutnya, pendaftaran DCS ini dibuka sejak 9-22 April mendatang dan bagi Parpol yang mengikuti pemilu 2014 mendatang harus memenuhi segala persyaratan untuk pendaftaran DCS. Seperti, minimal usia 21 tahun, ijasah terakhir SLTA, jika PNS, Polri, TNI atau Kepala Desa (Kades) maka harus mundur, bebas narkoba serta adanya keterwakilan perempuan minimal 30 persen dalam satu partai.
Disinggung mengenai apakah sudah ada Parpol yang menghubunginya untuk menyerahkan daftar DCS tersebut, Rinda mengaku belum ada. Hal ini kemungkinan karena rentang waktu penyerahan DCS itu masih panjang. Selain itu, ia juga mengungkapkan, KPUD tidak membuat jadwal bagi 12 Parpol tentang kapan harus menyerahkan DCS-nya.
Hal senada juga dilakukan KPU Bontang yang mulai hari ini, 9-22 April 2013 membuka pendaftaran calon legislatif dari seluruh partai yang akan berkompetisi di Pemilu Legislatif 2014 mendatang.
Adapun jadwal yang digelar menurut Ketua KPUD Bontang Baidlowi, didampingi anggota KPUD Nursuyata Haslindah, seluruh KPUD kota/kabupaten membuka waktu pendaftaran secara serentak.
Pendaftaran akan dibuka mulai pukul 08.00 – 16.00 Wita. Mengenai mekanisme pendaftaran sendiri dilakukan secara serentak se Indonesia. “Kami buka pendaftaran mulai pagi hingga sore dari 9-22 April,” kata Nursuyata.
Menurut Baidlowi, dalam pendaftaran caleg, KPUD memberikan kebebasan bagi partai, artinya tidak ditekankan bagi partai terhadap jadwal pendaftaran. “Kami tidak beri jadwal partai ini tanggal segini, tidak! Yang jelas siapa partai yang siap silahkan daftar, dan pendaftaran dibuka mulai pagi hingga sore,” jelas Baidlowi.(ami/ool)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger