Home >> Headline >> Hari Ini, Jatam Rilis Korban Lubang Tambang

Hari Ini, Jatam Rilis Korban Lubang Tambang

SAMARINDA – Jika tak ada aral melintang, Senin (21/11) hari ini, Jaringan Advokasi Tambang (Jatam) Nasional akan menggelar diskusi dengan agenda peluncuran laporan dengan narasumber Dirjen Minerba, Kementerian ESDM, Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, akademisi pemerhati tambang, Jatam Kaltim serta testimoni ibu korban lubang tambang. Acara diskusi akan dihelat Pukul 09.00 hingga 13.00 WIB di Kantor Komnas HAM RI, Jalan Latuharhari Nomor 48, Menteng, Jakarta Pusat.
“Komnas HAM RI sudah bentuk tim penanganan konflik sumber daya alam. Tim ini lakukan investigasi di Kaltim sebagai contoh. Bahkan, Komnas HAM RI sudah lakukan pemantauan lapangan, diskusi dengan ahli dan organisasi peduli lingkungan serta terbitkan laporan berjudul “Pelanggaran Hak Asasi Manusia dalam Kasus bekas Lubang Tambang Batu Bara di Kaltim”
Koordinator Nasional Jatam, Merah Johansyah Ismail menjelaskan, dalam catatan Jatam, tercatat 26 korban nyawa yang melayang, mayoritas anak-anak tewas sepanjang 2011-2016 di Kaltim, karena ribuan lubang bekas tambang batu bara yang beracun berada sangat dekat dengan permukiman penduduk. “Kkami teruskan undangan ini untuk berkenan hadir dan menyaksikan hasil diskusi tersebut. Bisa juga disampaikan ke masyarakat secara luas,” kata Merah. (man)