Home >> Balikpapan >> Hari Ini, Puluhan Pelanggar Yustisi Disidang

Hari Ini, Puluhan Pelanggar Yustisi Disidang

BALIKPAPAN- Polisi Pamong Praja Kota Balikpapan bekerjasama dengan Pengadilan Negeri (PN) Balikpapan, hari ini akan menyidangkan puluhan penduduk yang bermukim di Balikpapan karena terjaring operasi yustisi.
Mereka terjaring dalam penertiban yustisi saat razia di rumah kos atau kontrakan yang dilakukan pekan lalu.
Kepala Pol PP Freddy Pasaribu mengatakan warga yang terjaring karena melanggar Perda Kependudukan Kota Balikpapan. “Mereka kebanyakan maslaah KTP. Memang KTP nasional tapi mereka tinggal tidak melaporkan diri ke RT dan kelurahan setempat. Kalau di Perda kita kalau mereka tinggal bekerja di sini harus melaporkan diri ,” terang Freddy, kemarin.
Freddy menyebutkan pekerja yang paling banyak terjaring adalah buruh bangunan. “Mereka banyak sekali nggak paham soal itu. Makanya banyak yang terjaring dari pekerja buruh bangunan,” ujarnya.
Pada operasi yustisi di sejumlah kos dan rumah kontrakan juga ditemukan sejumlah pelajar dan mahasiwa. “Kalau pelajar itu nggak ada kartu tanda pelajar. Kalau mereka pelajar kita tahunya dari mana? Kan dari kartu pelajarnya kan,” tandasnya.
Rencananya persidangan yustisi ini akan digelar di kantor Satpol PP Jalan Jenderal Sudirman samping kantor pos. “Ya besok kita sidangkan. Nah soal razia rumah kos ini akan kita lakukan terus karena ini terkait pula dengan upaya kita memastikan identitas pendatang yang tidak jelas,” tukasnya. (din)