Kamis, 18/01/2018

Pemprov dan Pertamina Rekrut 30 Calon Pekerja Kilang

Kamis, 18/01/2018

Gubernur Awang Faroek bersama 30 peserta pelatihan calon tenaga kerja proyek perluasan RU V.

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Pemprov dan Pertamina Rekrut 30 Calon Pekerja Kilang

Kamis, 18/01/2018

logo

Gubernur Awang Faroek bersama 30 peserta pelatihan calon tenaga kerja proyek perluasan RU V.

BALIKPAPAN - Pemprov Kaltim dan PT Pertamina merekrut 30 calon peserta pelatihan yang bakal jadi pekerja proyek perluasan kilang minyak di Kota Balikpapan. Mereka akan mengikuti latihan serta seleksi sebelum benar-benar terjun ke lapangan. Ini merupakan langkah awal untuk mengisi keperluan pekerja menyusul akan dibangunnya Refenery Development Masterplan Project (RDMP) Refenery Unit V Balikpapan.

Tahap berikutnya, Kaltim akan memerlukan 5.000 calon tenaga kerja yang akan dilatih di lima Balai Latihan Kerja (BLK) di Kaltim. Secara keseluruhan proyek besar ini akan menyerap 20.000 hingga 25.000 tenaga kerja.

“Saya berterimakasih kepada Presiden Jokowi dan Pertamina yang sudah memenuhi permintaan saya agar tenaga kerja lokal diprioritaskan dalam proyek ini,” kata Awang Faroek saat membuka Soft Opening Pelatihan Calon Tenaga Kerja Proyek Perluasan Kilang Minyak (Refenery Unit V) Balikpapan di BLKI Balikpapan, Rabu (17/1).

Kepercayaan pusat ini kata Awang Faroek sekaligus menjadi kado spesial di usia ke-61 Provinsi Kaltim. Menurut Awang, proyek ini akan sangat membantu tugas pemerintah untuk menekan angka pengangguran.

Proyek ini diyakini Gubernur Awang Faroek akan memberikan dampak besar bagi kemajuan Kaltim. “Manfaatkan sebaik-baiknya pelatihan ini. Saya pastikan, jika kalian serius, maka kalian akan menjadi bagian penting dari proyek perluasan Refenery Unit V ini,” ucap Awang Faroek memberi semangat.

Sebelumnya Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kaltim Abu Helmi menjelaskan, kegiatan ini akan dimulai dari persiapan, perekrutan calon peserta, pelaksanaan pelatihan, sertifikasi dan penempatan tenaga kerja.

“Kegiatan pelatihan ini akan berlangsung selama 43 bulan, mulai akhir 2017 sampai akhir April 2022,” ungkap Abu Helmi.

Pelatihan ini lanjut dia untuk menyiapkan calon tenaga kerja agar menjadi kompeten melalui proses pelatihan dan sertifikasi sehingga mampu melalui tahapan tes untuk dapat menjadi bagian dalam proyek perluasan kilang minyak tersebut.

Rekrutmen peserta pelatihan dilakukan oleh Disnakertrans Kaltim dan kabupaten/kota dengan mengutamakan tenaga kerja lokal yang dibuktikan dengan minimal 5 tahun berdomisili di Kaltim.

Pelatihan akan melibatkan BLKI Balikpapan, BLKI Samarinda, BLKI Bontang, BLKI Paser dan BLKI Mandiri Kutai Timur serta terbuka bagi BLK lain yang dianggap mampu.

Tahap awal, 30 orang yang saat ini mengikuti pelatihan untuk kejuruan las level G6. Hadir dalam acara tersebut Walikota Balikpapan Rizal Effendi, General Manager Pertamina RU V Balikpapan Togar MP Manurung dan Project Coordinator Pertamina RDMP RU V Balikpapan Suwahyanto. Peresmian pembangunan proyek ini dijadualkan akan dilakukan Presiden Joko Widodo. (*/fir)


Pemprov dan Pertamina Rekrut 30 Calon Pekerja Kilang

Kamis, 18/01/2018

Gubernur Awang Faroek bersama 30 peserta pelatihan calon tenaga kerja proyek perluasan RU V.

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.