Senin, 17/07/2017

Jemaah Haji Embarkasi Balikpapan Meningkat

Senin, 17/07/2017

Ilustrasi

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Jemaah Haji Embarkasi Balikpapan Meningkat

Senin, 17/07/2017

logo

Ilustrasi

SAMARINDA - Tugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Balikpapan Tahun 1438 H/2017, nampaknya akan makin berat.  Pasalnya, tim yang diketuai langsung Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kaltim Saifi tersebut harus berhadapan dengan meningkatnya jumlah jamaah.

Dari data dihimpun, jumlah jemaah haji Embarkasi Balikpapan tahun ini bertambah 1.508 orang, karena adanya konfigurasi pada seat pesawat, ada  penambahan dari tahun lalu 365 orang dan tahun ini 455 orang dalam setiap kloter, jumlah kloter bertambah dari tahun lalu 12 kloter.

Kepala Kemenag Kaltim Saifi mengatakan, jumlah tersebut dipengaruhi adanya bertambahnya kuota haji, tahun ini.

“Indonesia adalah satu negara yang memiliki jumlah jemaah haji terbanyak dari negara lain di dunia, masa tunggu sangat panjang, karena itu diperlukan pembinaan dan penyiapan petugas haji yang handal, sesuai Undang-undang (UU) nomor 13 tahun 2008,” ujarnya.

PPIH sendiri sudah resmi dilantik pada Jumat (14/7) lalu, oleh Gubernur Kaltim, yang diwakili oleh Asisten I Setprov Kaltim Meiliana, di Balikpapan.

Embarkasi Balikpapan tahun ini akan memberangkatkan 5.782 jamaah dalam 13 kelompok terbang (kloter) terdiri dari jemaah asal Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara.

“Sesuai arahan Gubernur, kami diminta agar beban PPIH semakin bertambah, untuk itu PPIH agar dapat memainkan peranan secara maksimal, kerjasama, koordinasi dan komunikasi perlu ditingkatkan terutama antar sesama PPIH,” katanya.

Selain itu, sarana dan prasarana yang ada di asrama haji dan pendukung lainnya seperti listrik, air bersih, telepon, kebersihan dan ketertiban serta keamaanan di asrama haji juga mesti menjadi perhatian.

Pelayanan dalam hal konsumsi dan kesehatan para jemaah, juga perlu di tingkatkan, baik saat di asrama, di pesawat hingga ada saat di tanah suci.

Kloter pertama embarkasi Balikpapan, akan masuk asrama pada 28 Juli 2017, dan berangkat dari Balikpapan pada 29 Juli 2017, sementara kloter terakhir akan mulai masuk asrama 14 Agustus 2017 dan berangkat dari Balikpapan pada 15 Agustus 2017. (rs)


Jemaah Haji Embarkasi Balikpapan Meningkat

Senin, 17/07/2017

Ilustrasi

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.