Rabu, 26/07/2017

Pemprov Revitalisasi Delapan Perusda

Rabu, 26/07/2017

MIGAS menjadi salah satu kegiatan usaha ditangani Perusda Migas Mandiri Pratama (MPP). (FOTO: ILUSTRASI/NET)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Pemprov Revitalisasi Delapan Perusda

Rabu, 26/07/2017

logo

MIGAS menjadi salah satu kegiatan usaha ditangani Perusda Migas Mandiri Pratama (MPP). (FOTO: ILUSTRASI/NET)

SAMARINDA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim, tengah melakukan revitalisasi terhadap delapan perusahaan daerah (Perusda) yang ada di Kaltim.  Kepala Biro Ekonomi Setprov Kaltim Nazrin menyebut, revitalisasi tersebut ditarget akan selesai dalam enam bulan kedepan.  Revitalisasi dilakukan mulai dari sistem, administrasi, sumber daya manusia (SDM), sampai dengan master plan bisnisnya.

“Dari delapan Perusda, 2017 ini sudah program merevitalisasi.  Untuk SDM sudah kami lakukan melalui fit n proper test di masing-masing Perusda, karena ada yang berakhir jadi kami langsung perbaharui semua, dan sudah dilantik oleh gubernur,” ujar Nazrin ditemui Koran Kaltim Rabu (26/7) kemarin.

Sementara itu, lanjut Nazrin untuk perbaikan sistem, administrasi dan masterplan bisnis, semuanya masih dalam tahap proses, yang terus berjalan secara bertahap, dan dievaluasi.

Ia membeber, masih ada beberapa Perusda yang hingga kini, kegiatan adminsitrasi dan usahanya belum berjalan secara optimal.  Ia menyebut Perusda Perkebunan menjadi satu diantara Perusda yang terus dilakukan dorongan, agar dapat bangkit dan menghasilkan.  Dia mengurai, permasalahan pada internal Perusda tersebut masih belum tuntas, sehingga penjabat direktur utama yang baru belum dapat menjalankan kegiatan usaha dengan semestinya.

“Kami sudah rapat-rapat dengan direktur yang dulu, masih proses, dan yang baru  mengerti masalah yang dihadapi,” paparnya.

Kendati demikiaan, ia optimis tahun ini saja beberapa Perusda sudah bisa memberikan sumbangsih bagi kas daerah.  Sebut saja Perusda Migas Mandiri Pratama (MMP), kemudian Perusda Kelistrikan, dan Perusda Bara Kaltim Sejahtera (BKS).

“Untuk 2017 ada juga sumbangan, tapi di 2018 nanti diproyeksi baru lebih maksimal, mulai terlihat kenaikannya,” tukasnya.

Tak hanya dari Perusda yang diharapkan mampu menyumbang keuangan daerah tersebut, Perusda yang tengah berproses revitalisasi juga disebut Nazrin kedepan akan dibebankan target sumbangan pendapatan asli daerah (PAD), sesuai dengan tren kenaikan pasar dan core bisnisnya masing-masing.

Ia menggaris bawahi sektor pertambangan yang mulai bergeliat bangkit. Nazrin percaya bahwa perbaikan harga komoditas emas hitam tersebut, juga akan memberikan dampak positif terhadap Perusda BKS.  Sebagai langkah pendukung mendorong sektor usaha daerah tersebut, Nazrin mengaku Pemprov kaltim juga tengah menyusun pedoman umum dan khusus, yang akan menjadi acuan rencana usaha perusahaan (RUPS).  Dengan demikian, ia berharap semua kegiatan usaha akan berjalan right on track (terarah dan tepat sasaran).

“Kami berencana membentuk sekretariat dewan pengurus perusda, karena di pusat ada.  Jadi informasi dari pusat bisa masuk ke situ, informasi ini penting, karena kami ini marketing untuk produk Kaltim.  Dengan adanya sekretariat tersebut, diharapkan iklim usaha juga akan semakin baik, investor makin mudah tertarik dengan kemudahan regulasi, apalagi ada isu ibukota negara, saya rasa itu juga mendongkrak nilai tawar kaltim juga,” pungkasnya. (rs)


Pemprov Revitalisasi Delapan Perusda

Rabu, 26/07/2017

MIGAS menjadi salah satu kegiatan usaha ditangani Perusda Migas Mandiri Pratama (MPP). (FOTO: ILUSTRASI/NET)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.