Jumat, 04/08/2017

Kaltim Datangkan 400 Ton Garam

Jumat, 04/08/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Kaltim Datangkan 400 Ton Garam

Jumat, 04/08/2017

SAMARINDA - Pemprov Kaltim melalui Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan UMKM mendatangkan sedikitnya 400 ton garam dapur untuk menutupi kelangkaan. Jumlah itu diyakini bisa menutupi kebutuhan garam Kaltim hingga Bulan Agustus.

Hal tersebut disampaikan Kepala Disperindagkop UMKM, Fuad Asadin melalui Kepala Bidang Perdagangan Elfina kepada Koran Kaltim Kamis (3/8) kemarin.

"Kami baru diminta informasi dari Dirjen Perdagangan mengenai  data kebutuhan (garam) Kaltim berapa, dan saya sudah menghubungi PT Lima Pendowo (distributor garam), dan mereka sanggup menerima 400 ton garam konsumsi," ujarnya.

Hingga Kamis siang, ia mengaku belum mendapat laporan dari distributor yang menginginkan untuk dipasok garam industri. Sejauh ini dinas baru menyampaikan kepada Kemendag bahwa Kaltim memerlukan pasokan sebanyak 400 ton, untuk memenuhi kebutuhan selama bulan Agustus.

Berdasarkan pantauan di tiga pasar tradisional di Samarinda, memang terjadi kenaikan harga komoditas garam. Kenaikannya rata-rata sekitar 10 persen untuk semu akerek garam kemasan. Diketahui kenaikan harga ini dipicu karena minimnya pasokan dan persediaan garam yang masuk ke Kaltim.  

"Menurut info lisan yang kami terima, pedagang di tiga pasar mendapatkan pasokan dari Makassar tadi pagi (kemarin).  Mereka dapat kiriman dari sana untuk memenuhi kebutuhan yang ada, jadi mereka yang begerak tanpa mengandalkan distributor terdaftar," paparnya.

Tambahan pasokan garam sebanyak 400 ton tersebut, menurut Elfin hanya untuk memenuhi kebutuhan satu bulan saja. Diharapkan bulan berikutnya pasokan sudah kembali normal.

"Untuk datangnya kami masih menunggu konfirmasi dari kementerian, mudah-mudahan pekan ini bisa sampai di Kaltim, melalui PT Lima Pendowo sebagai pengemas dan disebar di Kaltim, kalau garam nya sendiri di pasok dari importir melalui PT garam," tukasnya.

Lebih lanjut, ia memastikan saat ini garam masih tersedia di pasaran meski harganya naik. Dengan pesanan yang sudah dilakukan dia meminta masyarakat tidak perlu khawatir tidak bisa mendapatkan garam di pasaran. (rs)

Kaltim Datangkan 400 Ton Garam

Jumat, 04/08/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.