Kamis, 10/08/2017

PBNU Tolak Sekolah 5 Hari

Kamis, 10/08/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

PBNU Tolak Sekolah 5 Hari

Kamis, 10/08/2017

JAKARTA - Pengurus Besar Nadhatul Ulama (PBNU) kembali menegaskan tidak mau berkompromi dengan pemerintah soal sekolah lima hari yang Perpresnya sedang disusun. PBNU meminta pemerintah mencabut Permen Dikbud sekolah 5 hari itu.“Kami PBNU menolak keras, tidak ada kompromi, tidak ada dialog. Yang penting pemerintah mencabut permen sekolah lima hari,” ujar Ketua PNBU Said Aqil Siroj di Kantor PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Kamis (10/8/2017).

Said mengatakan tidak akan hadir bila diundang membahas sekolah 5 hari. Ia menyebut belum ada undangan kepadanya membicarakan hal tersebut..

“Saya yakin pemerintah tidak akan melaksanakan (sekolah lima hari). Saya yakin,” lanjutnya.

Menurut Said, salah satu alasannya menolak sekolah 5 hari karena akan mematikan pesantren. Padahal, selama ini pesantren terbukti  membangun karakter bangsa. Bila pesantren dimatikan maka Islam Nusantara juga akan hilang.

“Kiai-kiai NU itu tidak ada yang ngajarin berkhianat, manipulasi, semua kiai pesantren NU pasti ngajarin solid, akur, gotong-royong, solidiritas dan toleran. Nggak ada kiai-kiai yang ngajarin ngebom, antiPancasila, ngajarin narkoba atau tawuran, nggak ada,” ucapnya.

“Madrasah itu kalau digusur maka ada suatu yang sangat hilang dari Islam Nusantara yaitu ajaran-ajaran yang telah selama ini diterima ajaran oleh guru guru,” imbuhnya.

Lalu apakah sikap PBNU ini mempengaruhi dukungan mereka pada Presiden Joko Widodo?

“Sebenarnya NU nggak dukung-mendukung. Ini bukan masalah politik,” tuturnya.


Disebut Akan Munculkan Generasi Radikal


Said mengatakan sekolah 5 hari akan mematikan keberadaan pesantren. Dengan hilangnya pesantren, dia khawatir akan menghadirkan generasi yang tidak mengerti akhlak.

“Permendikbud yang mau sekolah lima hari, yang katanya memperkuat karakter, justru akan kebalikannya. Karena anak-anak tidak bisa ngaji, tidak ngerti akhlak, tidak tahu sifat 20 (sifat Allah yang wajib diketahui umat muslim), karena cuma yang sekolah diniyah yang mengerti,” kata Said.

“Kalau hafal sifat 20 tidak akan radikal. Kenapa radikal karena tidak tahu sifat 20. Kenapa tidak tahu sifat 20 karena tidak sekolah diniyah,” lanjutnya.

Said menjamin bila sekolah 5 hari tetap diterapkan oleh pemerintah maka akan muncul generasi radikal ke depan. Bila nantinya muncul generasi itu, maka NU tidak akan bertanggungjawab.

“Kalau dipaksa (sekolah lima hari), akan lahir generasi radikal dan NU tidak bertanggungjawab,” ujarnya.

Said juga sudah 2 kali bicara dengan Presiden Joko Widodo untuk menghapus kebijakan sekolah 5 hari. Karena itu, dia berharap Permendikbud tersebut segera dicabut.

“Saya sudah bilang Presiden kalau tidak ada madrasah, anak-anak tidak kenal sifat 20. Sudah 2 kali saya ngomong ke Beliau,” tuturnya. (dtc)


PBNU Tolak Sekolah 5 Hari

Kamis, 10/08/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.