Senin, 28/08/2017

Kaltim Perlu 11.837 Sapi Sambut Idul Adha

Senin, 28/08/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Kaltim Perlu 11.837 Sapi Sambut Idul Adha

Senin, 28/08/2017

SAMARINDA - Jelang Hari Raya Idul Adha, Kaltim memerlukan ketersediaan hewan ternak sapi mencapai belasan ribu ekor. Sayang, keperluan itu tak bisa dipasok dari daerah sendiri. Kaltim sampai saat ini masih sangat bergantung dengan daerah lain untuk memenuhi keperluan sapi qurban.

Berdasarkan catatan Dinas Peternakan Kaltim, peternak, distributor dan pedagang ternak menyiapkan sudah menyiapkan sebanyak 11.837 ekor sapi untuk menghadapi Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah yang bertepatan dengan 1 September 2017. Sayangnya, 73,13 persen dari jumlah itu merupakan sapi yang didatangkan dari luar daerah. “Sapi-sapi itu kebanyakan memang masih didatangkan dari luar daerah,” kata Kepala Dinas Peternakan Kaltim, Dadang Sudarya dikonfirmasi, Minggu (27/8) kemarin.

Ia membeber, sebanyak 73,13 persen sapi harus didatangkan dari Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Palu dan Jawa Timur. Sementara hanya 26,87 persen sisanya yang dipenuhi oleh peternak Kaltim. Tak hanya sapi, hewan kurban lain, kambing juga sama.

Meski jumlahnya terbilang cukup rendah, jika dibanding dengan sapi, namun persentasenya masih lebih dari 50 persen yang didatangkan dari luar Kaltim.

“Untuk Kambing 56 persen masih didatangkan dari luar, seperti Jawa Timur, Palu dan Sulawesi Selatan,” papar dia.

Sementara itu, peternak lokal Kaltim kata dia hanya mampu memenuhi 44 persen kebutuhan hewan qurban pada Hari Raya Idul Adha tahun ini. Berdasarkan catatan Dinas Peternakan Kaltim, ada 7.326 ekor kambing yang siap disembelih menyambut Lebaran Idul Adha mendatang.  

Melihat masih rendahnya kemampuan Kaltim, untuk mencukupi kebutuhan hewan ternak ini, menurut dia dikarenakan minat warga Kaltim berternak masih rendah. Peternakan kata dia masih belum dipandang sebagai salah satu peluang usaha yang menghasilkan. 

“Kita masih banyak mendatangkan sapi dan kambing dari luar daerah, ini bisa jadi peluang. Tugas kami juga memperbaiki, setidaknya memenuhi kebtuhan lokal,” tuturnya.

Diluar itu, jumlah ketersediaan sapi dan kambing untuk keperluan hingga Bulan September berlebih. Ia menyebut, berdasarkan perhitungannya kebutuhan sapi pada Idul Adha kali ini seberat 1.819  ton daging, atau setara dengan 11.543 ekor sapi.

Dengan jumlah sapi yang tersedia sebanyak 11.837 ekor, maka diperkirakan kebutuhan sapi untuk Idul Adha tak akan mengalami kekurangan. Demikian halnya dengan kambing, dari ketersediaan kambing jelang Idul Adha mencapai 7.326 ekor kambing, perkiraan kebutuhan kambing hanya sekitar 6.932 ekor. (rs)

Kaltim Perlu 11.837 Sapi Sambut Idul Adha

Senin, 28/08/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.