Sabtu, 10/06/2017

30 SMA/MA di Kaltim Terancam Ditutup

Sabtu, 10/06/2017

ILUSTRASI

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

0

30 SMA/MA di Kaltim Terancam Ditutup

Sabtu, 10/06/2017

logo

ILUSTRASI

SAMARINDA - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim mewacanakan akanmenutup sekolah tingkat SMA/MA atau sederajat yang memiliki kurang dari 100 siswa. Rumusannya masih dalam tahap pembahasannya, tapi setidaknya akan ada penggabungan atau merger sekolah.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Pembinaan SMA Disdikbud Kaltim, Khairani, Kamis (8/6) kemarin. “Yang (siswanya) kurang dari 60 akan di merger atau dihapuskan,” ujarnya.

Saat ini kata dia, Direktorat Jendral Pembinaan SMA di Kementerian Pendidikan RI tengah melakukan pendataan terhadap sekolah yang masuk kategori yang akan di merger atau dihapuskan. Alasan penghapusan ini lanjut dia menyangkut operasional sekolah. Berdasarkan penilaian Dinas Pendidikan sekolah dengan siswa dibawah 60, akan mengalami kesulitan dalam hal operasional baik sarana prasarana, sampai kepada kualitas kegiatan belajar mengajar.

“Ini berlaku untuk sekolah swasta dan negeri. Kasihan kan kalo siswanya sedikit, mereka pasti akan kesulitan. Walaupun misalnya mereka dapat BOSNAS atau BOSDA misalnya, tapi jumlahnya juga sedikit. Akhirnya akan berdampak pada mutu pendidikan,” paparnya.

Ia membeber, di Kaltim setidaknya terdapat 30 sekolah yang masuk dalam kategori tersebut.  Ke depan, hal ini kata dia juga akan menjadi upaya Disdik untuk menertibkan sekolah-sekolah yang kondisinya dianggap tak sesuai.

Dia menyatakan realisasi pelaksanaan pengurangan sekolah itu tidak serta merta di lakukan. Disdik Kaltim masih menunggu terbitnya aturan sebagai payung hukum menindak sekolah yang sesuai dengan kategori di hapus atau di gabungkan.

“Untuk realisasi tentu harus menunggu regulasi dulu. Ini kan masih wacana, tapi ke arah sana akan segera dilaksanakan. Dan jumlah siswa ini juga menjadi sayarat pendirian sekolah nantinya,” tutupnya. (rs)


30 SMA/MA di Kaltim Terancam Ditutup

Sabtu, 10/06/2017

ILUSTRASI

Berita Terkait

Berita Pilihan


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.