Minggu, 24/09/2017

Hari Ini, GCF Berlangsung di Balikpapan

Minggu, 24/09/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Hari Ini, GCF Berlangsung di Balikpapan

Minggu, 24/09/2017

BALIKPAPAN - Sejumlah Gubernur  di Indonesia dan gubernur di belahan negara bagian di dunia yang memiliki luasan hutan, akan mengikuti  pertemuan Konferensi Satuan Tugas Gubernur untuk Hutan dan Iklim  (Governors’ Climate and Forests Task Force atau GCF). Pertemuan akan dihelat di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) 25-29 September di Hotel Novotel.

Kaltim khususnya di Balikpapan menjadi tempat pertemuan ini dengan fokus tema startegi mengurangi deforestasi tropis dan mendorong pembangunan rendah emisi.  Balikpapan memiliki Hutan Lindung Sungai Wain dan Hutan lindung Sungai Manggar serta Kebun Raya Balikpapan yang berjarak kurang lebih 20 kilometer dari pusat kota.

Untuk pertemuan satu minggu yang akan fokus pada strategi-strategi untuk mengurangi deforestasi tropis dan mendorong pembangunan rendah emisi. Penelitian menunjukkan bahwa menghentikan deforestasi tropis dan memulihkan lanskap yang rusak adalah kunci untuk memerangi perubahan iklim dan dapat menggantikan sampai sepertiga dari emisi gas kaca global.

Dalam pertemuan ini akan dibuat Balikpapan Statement akan menggabungkan pesan-pesan tersebut melalui tiga agenda utama.

Agenda pertama adalah mengidentifikasi cara bagaimana yurisdiksi menghasilkan komoditas pertanian secara berkelanjutan melalui kerja sama dengan konsumen agar mengurangi deforestasi.

Agenda kedua adalah perlindungan hak-hak masyarakat adat dan pada saat yang sama meningkatkan kesejahteraan mereka khususnya yang tinggal di wilayah negara bagian dan provinsi anggota GCF. Agenda ketiga adalah mencari cara untuk menjamin bahwa anggota GCF bisa meraih pendanaan yang diperlukan untuk mengurangi deforestasi, mendukung pembangunan rendah emisi, dan melindungi hak-hak masyarakat adat.

“Melalui kepemimpinan gubernur-gubernur dari Latin Amerika, Afrika, dan Indonesia, kita telah memandang dengan optimis pembentukan inisiatif global baru yang berani untuk memerangi perubahan iklim dengan cara melindungi hutan dan hak-hak dan kesejahteraan orang-orang yang bergantung kepadanya” kata Badan Sekretaris Pengurus Institut Penelitian Inovasi Bumi (INOBU) Bernardinus Steni dalam penjelasan tertulis kemarin.

Steni melanjutkan pada pertemuan ini, Ketua GCF tahun ini yakni  Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, dan Koordinator Nasional CGF  INOBU, akan membuka Pertemuan pada hari Kamis mendatang (27/9).

 Perwakilan dari Kementerian Iklim dan Lingkungan Norwegia, perwakilan dari perusahaan konsumen internasional dan lebih dari belasan Gubernur dari Indonesia, Brazil, Peru, Nigeria, dan Pantai Gading akan berpartisipasi dalam Pertemuan ini.  

Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Ling-kungan Hidup dan Kehutanan, Nur Masripatin, dan Ketua Dewan Pengarah Pengendalian Perubahan Iklim, Sarwono Kusumaatmaja, juga akan bergabung bersama Gubernur-gubernur GCF. (din)


Hari Ini, GCF Berlangsung di Balikpapan

Minggu, 24/09/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.