Rabu, 04/10/2017

Pantai Birah Birahan Tak Lagi Nyaman Buat Penyu

Rabu, 04/10/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Pantai Birah Birahan Tak Lagi Nyaman Buat Penyu

Rabu, 04/10/2017

SANGATTA - Laut Kecamatan Sandaran khususnya pesisir pantai Birah Birahan kotor dan banyak sampah. Potongan ranting serta kayu raksasa tampak kasat mata berserakan di pinggir pantai. KOndisi ini selain bisa merusak keindahan pantai juga berdampak pada habitat penyu di pantai tersebut.

Sampah limbah plastik serta ranting pohon yang berada di pinggir pantai yang tebawa ombak, menjadikan pemandangan wisata bahari semakin buruk. Sebagai salah satu daya tarik di pantai ini, yang bisa d’ijual’ adalah habitat penyu. Dikhawatirkan, kotornya pantai penyu-penyu tak bisa berkembang biak dengan baik.

Binatang laut yang dilindungi ini terancam karena tak bisa menepi untuk bertelur. Gelondongan kayu bulat terus menghantam penyu yang ingin menepi di pinggiran pantai.

Dari pengamatan Pemerintah Sandaran, kotornya pantai sudah sangat berdampak terhadap penyu. Pihak kecamatan sudah sangat jarang menjumpai penyu bertelur. Hanya satu ekor yang terlihat nyata. Meskipun ada hanya sisik yakni binatang yang menyerupai penyu.

“Penyu berkurang. Di Birah Birahan cuman seekor saja. Itu yang sering terlihat. Dia tidak bisa naik karena banyak batang kayu,” ujar Camat Sandaran, Muhammad Tahir Pekang.

Belum lagi ancaman lain terhadap kembang biak penyu adalah perburuan telur. Besar dugaan telur penyu dimanfaatkan orang sekitar untuk kepentingan pribadi.

“Telur penyu-nya ada terus. Tetapi dibilang enggak ada. Ya di sanakan ada yang kelola. Katanya pulau pribadi. Memang ada berkas mereka,” katanya.

Dirinya berharap, penyu di sana mendapatkan perhatian khusus. Satu diantara yang harus diperhatikan ialah masalah laut yang dipenuhi batang dan ranting. Kemudian menertibkan penyu dan telurnya.

“Ya kami harap pantainya menjadi andalan. Bersih dan menjadi tempat wisata bagi masyarakat Kutim,” harapnya. (yul1116)


Pantai Birah Birahan Tak Lagi Nyaman Buat Penyu

Rabu, 04/10/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.