Senin, 03/07/2017

Korsleting Listrik, Tiga Rumah Hangus

Senin, 03/07/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

0

Korsleting Listrik, Tiga Rumah Hangus

Senin, 03/07/2017

BALIKPAPAN - Tiga rumah ludes terbakar di kawasan pemukiman padat penduduk Gang Lestari RT 62 Kelandasan Ilir Balikpapan Kota pada Senin (3/7) petang. 

Tidak ada korban jiwa, namun 6 kepala keluarga atau sekitar 28 jiwa dipastikan kehilangan tempat.

Diduga api berasal dari hubungan arus pendek listrik.

Tercatat tiga rumah tersebut diketahui milik Masdar, Tuti dan Irwansyah. Informasi yang dihimpun, peristiwa bermula ketika terjadi ledakan di rumah milik Masdar yang dipicu akibat korsleting listrik sekira pukul 18.35 Wita.

Api pun langsung menyambar bangunan dua lantai berbahan kayu. Api semakin membesar ketika tiupan angin menerpa lokasi kejadian yang lokasinya berada daerah perbukitan. 

“Pas kejadian tidak ada orangnya. Awalnya ada bau kabel terbakar. Begitu saya keluar rumah, api udah bakar atap,” kata Sekretaris RT 62 Samsul, yang rumahnya tidak jauh dari lokasi kejadian.

Warga setempat yang mengetahui adanya api langsung melakukan pemadaman seadanya, sembari menunggu datangnya armada pemadam kebakaran dari BPBD Balikpapan dan satuan lainnya.

Api semakin membesar hingga merembet ke rumah Tuti dan Irwansyah. Beruntung para penghuni yang menyewa di rumah tersebut berhasil menyelamatkan diri. 

Selang 15 menit 8 unit armada pemadam tiba. Namun demikian, tidak mampu menjangkau lokasi kejadian lantaran akses jalan sempit dan berbukit.

“Kami terjunkan unit tangki untuk bisa menjangkau ke lokasi. Karena memang aksesnya sangat sulit untuk dijangkau. Sekira 1 jam kemudian, api berhasil dipadamkan,” kata Kepala BPBD Balikpapan Suseno saat di lokasi kejadian.

Sementara di Tenggarong, Kutai Kartanegara, sebuah panti asuhan milik Pemkab Kukar yang dikelola Dinas Sosial di Jalan Pesut, RT 31, Kelurahan Bukit Biru, Kecamatan Tenggarong, terbakar malam tadi, sekira pukul 19.35 Wita. 

Tidak ada korban jiwa dari peristiwa itu. Namun garasi, genset dan dua unit mobil hangus terbakar.

“Kebakaran ini diduga konsleting dari salah satu mobil yang terbakar,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar) Kukar, Marsidik.

Gerak cepat petugas pemadam dengan 4 unit Damkar dan dibantu TNI, Polri dan masyarakat bahu membahu untuk memadamkan api sehingga tidak membesar. 

“Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 20.10 wita,” demikian Marsidik. (yud/ami)


Korsleting Listrik, Tiga Rumah Hangus

Senin, 03/07/2017

Berita Terkait

Berita Pilihan


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.