Kamis, 07/09/2017

Diduga Pungli, PNS Mantan Lurah Dibui

Kamis, 07/09/2017

ILUSTRASI barang bukti hasil pungli. (FOTO: HANDOUT/SPIRITNEWS.CO)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

0

Diduga Pungli, PNS Mantan Lurah Dibui

Kamis, 07/09/2017

logo

ILUSTRASI barang bukti hasil pungli. (FOTO: HANDOUT/SPIRITNEWS.CO)

TANJUNG REDEB - Tim sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) Polres Berau, menciduk MA (54), PNS mantan Lurah di Berau, Kalimantan Timur, di rumahnya kawasan Gunung Tabur, Berau. Dari tangannya, petugas menyita Rp 20 juta diduga hasil pungli.

Keterangan diperoleh, MA diciduk tim Saber Pungli, Senin (4/9) lalu, setelah dia dilaporkan warga, dua hari sebelumnya atau Sabtu (2/9). Diketahui, pelapor berinisial AB, sebelumnya bermaksud hendak mengurus surat-surat tanah miliknya.

Pelaku MA, menjanjikan kesanggupan membantu pengurusan, dengan syarat diperlukan dana sekira Rp 100 juta. Namun demikian, korban tidak menyanggupi nominal yang disebut MA.

“Sanggupnya korban Rp 20 juta, dan uang itu diserahkan saat bertemu di rumah pelaku,” kata Kapolres Berau AKBP Andy Ervyn, dikutip dari merdeka.com, Rabu (6/9).

Di hari yang sama, 2 September 2017, korban AB menginformasikan kepada tim Saber Pungli, lantaran merasa sebagai korban pungli.

“Setelah lapor, tidak lama kita lakukan penangkapan kepada pelaku di rumahnya ya, dengan barang bukti Rp 20 juta,” ujar Andy.

Belakangan diketahui, MA merupakan PNS mantan Lurah di salah satu kecamatan Kabupaten Berau. Uang yang diminta diakuinya bernominal Rp 100 juta. “Tapi korban ini sanggupnya cuma segitu (Rp 20 juta),” sebut Andy.

“Ya, pelaku ini masih sebagai PNS di salah satu dinas di Pemkab Berau. Sebelumnya, memang dia adalah mantan Lurah di sini (di Berau),” tambah Andy.

Bersama barang bukti, MA dibawa tim Saber Pungli, ke Mapolres Berau, untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Dia kini ditetapkan sebagai tersangka, kasus dugaan pungli. “Yang bersangkutan kita tahan,” sebut Andy lagi.

Penangkapan MA, menambah deretan kasus pungli, yang diungkap tim saber pungli. Sebelumnya, tim saber mengungkap kasus pungli di Badan Pertanahan Nasional (BPN) Berau dan Dinas Perhubungan Berau. “Kasusnya masih dikembangkan ya. Tidak menutup kemungkinan, ada korban pungli lainnya ya,” pungkasnya. (mdk)


Diduga Pungli, PNS Mantan Lurah Dibui

Kamis, 07/09/2017

ILUSTRASI barang bukti hasil pungli. (FOTO: HANDOUT/SPIRITNEWS.CO)

Berita Terkait

Berita Pilihan


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.