Home >> Berau - Kubar >> Ilmu Pengetahuan jadi Kunci Pembangunan

Ilmu Pengetahuan jadi Kunci Pembangunan

TANJUNG REDEB – Meskipun memiliki sumber daya alam yang melimpah, belum tentu menjadi patokan bagi daerah dalam mengembangkan pembangunan. Perlu didukung sumber daya manusia (SDM) yang menguasai ilmu pengetahuan untuk mengelola kekayaan yang dimiliki tersebut.
Pesan itu disampaikan Bupati Berau Muharram saat menghadiri wisuda angkatan ke-2 Akademi Komunitas Berau, Rabu (23/11). Ia menegaskan, banyak negara-negara maju yang tidak memiliki kekayaan alam seperti di Indonesia. Namun dengan sumber daya manusia yang mumpuni, membuat perkembangan di negara tersebut lebih unggul dari negara lainnya.
“Kalau kita lihat Singapura itu hanya 1/3 dari Berau saja. Tapi negaranya sangat maju bahkan masuk 10 negara terbesar di dunia. Kenapa mereka bisa begitu, padahal tidak ada yang bisa dibanggakan dari hasil buminya, tidak ada tambang, hutan, perikanan, pertanian,” kata Muharram.
“Tapi di sana itu mampu mengoptimalkan SDM hingga akhirnya merekayasa industri yang menjadi sumber pendapatan utama negara. Kuncinya itu dalam ilmu pengetahuan,” sebutnya. (sam)