Breaking News
Home >> Kutai Kartanegara >> Imbas PHK, Pedagang Pasar Malam Bermunculan

Imbas PHK, Pedagang Pasar Malam Bermunculan

TENGGARONG – Jumlah pe-dagang baru yang berjualan di titik-titik lokasi pasar malam di Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara, kian bertambah.
Kabid Pengelolaan Pasar Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop) Kutai Kartanegara, Tego Yuwono me-nyebut, penambahan jumlah pedagang itu disebabkan ge-lombang PHK perusahaan batu bara yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir.
“Pedagang baru di 30 titik pasar malam semakin bertambah. Mereka merupakan korban PHK perusahaan tambang. Setelah di-PHK, mereka memilih berjualan untuk keberlangsungan pere-konomian keluarga,” ungkap Tego kepada Koran Kaltim, kemarin.
Tego mengimbau pedagang berjualan secara tertib, menjaga kebersihan bersama, dan tidak mengganggu fasilitas umum.
Tego mengakui, penertiban pedagang pasar malam seperti buah simalakama. Pemerintah harus menjalankan aturan jika terjadi ketidaktertiban. Namun di satu sisi, pemerintah juga memahami kondisi para pe-dagang.
“Korban PHK hampir 5 ribu orang juga butuh makan, dan biaya sewa rumah jika belum memiliki rumah, sedangkan yang paling cepat mendapatkan penghasilan adalah dengan berdagang. Jika mereka tidak ada penghasilan untuk membiayai keluarganya maka tergoda untuk melakukan tindakan kriminal,” pungkasnya. (ran415)