Published On: Sel, Sep 3rd, 2013

Inflasi Balikpapan Diproyeksikan Lebih Tinggi dari Nasional

BALIKPAPAN-Dewan Penasehat Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Balikpapan menilai inflasi kalender Kota Balikpapan pada tahun 2013 dipastikan akan lebih tinggi dari angka inflasi nasional.
“Alasan yang mendasari adalah melemahnya nilai rupiah terhadap dollar Amerika Serikat, mengingat kota ini bukan daerah penghasil produksi sehingga barang-barang kebutuhan masyarakat Balikpapan berasal dari luar Balikpapan,” ungkap Ketua Dewan Penasehat TPID Kota Balikpapan, Tutuk SH Cahyono, Selasa (3/9)
Ia memaparkan inflasi nasional diproyeksi sekitar 9,2 persen hingga akhir tahun, sedangkan  inflasi Balikpapan pada bulan-bulan sebe-lumnya masih dapat terkendali.
Kendati demikian untuk sisa waktu ditahun 2013 ini pihaknya tidak dapat memprediksikan karena perkiraan angka inflasi nasionalpun tinggi.
“Agar inflasi di Balikpapan tetap terkendali dapat dilakukan dengan mengurangi barang import yang masuk dan konsumsi barang sesuai dengan kebutuhan, sehingga dapat menekan harga di pasar,” ujarnya berpendapat.
Tutuk mengemukakan, saat ini harapan untuk menekan laju inflasi kota Balikpapan juga dengan adanya rencana panen yang dikabarkan akan terjadi dalam waktu dekat, sejak program rumah pangan lestari diresmikan pada Juni lalu. (pie)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger

About the Author

korkal99 - Berita koran harian di kalimantan timur, Kutai Kartanegara, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Berau, Bulungan, politik, pemilu, pilkada, kriminal, olahraga, ekonomi

Email
Print
WP Socializer Aakash Web