Published On: Jum, Mei 10th, 2013

Infrastruktur Perbatasan di Kaltara Masih Minim

TANJUNG SELOR – Pembangunan infrastruktur di kawasan perbatasan yang dilakukan pemerintah daerah bersama  pemerintah pusat, khususnya di wilayah Daerah Otonomi Baru (DOB) Kalimantan Utara (Kaltara), nampaknya belum dapat dilakukan secara maksimal. Hal ini disebabkan sulitnya medan yang ditempuh untuk mencapai titik lokasi pembangunan, sehingga biaya pembangunan yang dibutuhkan tidaklah sedikit,apalagi karena satu-satunya alat transportasi yang bisa digunakan hanya dengan menggunakan alat transportasi udara.
Meskipun penerbangan di wilayah perbatasan mendapat subsidi dari pemerintah, kondisi tersebut belum mampu untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi warga perbatasan, terutama pembangunan infrastruktur-nya,sehingga wajar jika dikatakan bahwa warga  perbatasan masih bergantung dengan negara tetangga Malaysia.
Ingkong Ala Ketua Laskar Merah Putih (LMP) Kabupaten Bulungan kepada Koran Kaltim Kamis (9/5), membenarkan kondisi yang ada di daerah perbatasan  hingga kini memiliki ketergantungan dengan Negara tetangga Malaysia.
“Di Kabupaten Malinau ada daerah yang berbatasan dengan Malaysia seperti di daerah kecamatan Kayan Ulu (Apo kayan) yang 10 tahun belakangan ini memang ada perubahan sejak dibangunnya pos perbatasan, serta jalan yang dapat menghubungkan dua kecamatan yakni kecamatan Kayan Ulu dengan Kayan Selatan,namun perubahan yang terjadi tidaklah signifikan sehingga pembangunan di sektor ekonomi pun masih belun berkembang” ungkap Ingkong Ala.
Ia menjelaskan bahwa untuk mencapai lokasi di kedua kecamatan tersebut hanya bisa dengan menggunakan angkutan Udara.
“Saya melihat bahwa jasa transportasi angkutan udara tidak akan mampu untuk menghidupkan sektor ekonomi masyarakat yang ada didaerah perbatasan, apalagi dalam melaksanakan pembangunan. Sebab, tidak ada daerah yang bisa dibangun jika hanya melalui jalur udara,” tegasnya.  (vic513)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger

About the Author

korkal99 - Berita koran harian di kalimantan timur, Kutai Kartanegara, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Berau, Bulungan, politik, pemilu, pilkada, kriminal, olahraga, ekonomi

Email
Print
WP Socializer Aakash Web