Kandungan Gizi Durian
Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 147
Jumlah Lemak 5 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 2 mg
Kalium 436 mg
Jumlah Karbohidrat 27 g
Serat pangan 3,8 g
Protein 1,5 g
Vitamin A 44 IU Vitamin C 19,7 mg
Kalsium 6 mg Zat besi 0,4 mg
Vitamin B6 0,3 mg Vitamin B12 0 µg
Magnesium 30 mg
Instalasi Olah Air jadi Mubazir

Instalasi Olah Air jadi Mubazir


korankaltim
korankaltim
2016-10-17 20:05:17
TANJUNG REDEB - Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Kampung Tanjung Batu hingga kini belum difungsikan lagi. Bahkan beberapa komponen IPA yang telah dibangun sejak 2001 itu, sebagian hilang dicuri lantaran ketiadaan petugas yang menjaganya.

Sebenarnya, IPA itu sempat berfungsi sekira tahun 2008 lalu, saat Berau juga menjadi tempat penyelenggaraan sejumlah cabang olahraga PON XVII Kalimantan Timur. Namun setelah berakhir perhelatan PON, IPA tidak lagi berproduksi. Akibatnya, masyarakat pun harus membuat sumur bor, untuk mendapatkan air bersih.

Warga sekitar, Indra menyebut, IPA yang berjarak 1 kilometer dari perkampungan ini hanya dioperasikan dalam beberapa kali saja, setelah dibangun pada tahun 2001 lalu. “Kita cuma pakai air sumur saja bor saja sekarang. Tidak tahu juga kenapa berhenti mengalir,” jelasnya.

Anggun, warga lainnya menambahkan, air bersih dari IPA itu sangat diperlukan, untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Padahal Tanjung Batu merupkan daerah pesisir yang sebagian besar masyarakat hidup dari perikanan. “Kan kita perlu juga membuat es batu, begitu juga keperluan lainnya jadi harus secepatnya lah dialirkan lagi,” harapnya.

Dikonfirmasi, Direktur PDAM Tirta Segah Adief Mulyadi memastikan IPA itu tidak dalam tanggungjawab PDAM Tirta Segah. Sejak dibangun sampai dengan saat ini, tidak ada serah terima ke PDAM. Melainkan hanya ditangani oleh pemerintah kecamatan setempat.

“Jadi setelah itu kita tidak tahu lagi seperti apa kondisinya setelah ditangani oleh kecamatan. Memang dari informasinya, IPA di sana tidak berfungsi. Akan kita lihat nanti ke lapangan,” jelasnya singkat.

Dia juga menerangkan, selain mengunjungi IPA itu, juga akan mendatangi IPA lainnya di tiap kecamatan. Mengingat saat ini hanya empat IPA saja saja yang dikelola PDAM, sementara 8 IPA lainnya, belum diserahkan ke PDAM. “Kita sudah agendakan kegiatan ini. Kita kumpulkan dulu informasi kemudian lihat bagaimana kondisinya di lapangan,” pungkasnya. (sam)

loading...

baca LAINNYA

korankaltim
korankaltim
3 weeks ago | dibaca 143 kali
img
korankaltim
korankaltim
3 months ago | dibaca 3.066 kali
img