Breaking News
Home >> Teknologi >> iOS 10.1.1 Bikin Boros Baterai
BERAGAM seri iPhone dengan sistem operasi iOS 10 (ARS TECHNICA)
BERAGAM seri iPhone dengan sistem operasi iOS 10 (ARS TECHNICA)

iOS 10.1.1 Bikin Boros Baterai

PEMBARUAN (update) iOS sejatinya membawa beberapa perbaikan untuk beberapa bug yang ada. Namun, iOS versi terbaru, tepatnya 10.1.1 justru membuat baterai gadget Apple yang menggunakannya menjadi boros.
Keluhan ini dilontarkan oleh sejumlah pengguna dalam beberapa hari belakangan dan dirasakan langsung oleh KompasTekno. Tidak diketahui penyebab sangat borosnya baterai tersebut.
Sebagaimana KompasTekno rangkum dari PC Mag, Selasa (29/11), satu pengguna mengaku meninggalkan perangkat dalam kondisi baterai 80 persen pada suatu malam. Perangkat sudah mati sendiri alias baterai sudah habis di pagi hari.
Anehnya, perangkat tersebut tidak digunakan sama sekali. Menurut pengalaman, jika tidak digunakan baterai seharusnya ada di angka 70 hingga 75 persen.
Kasus lain, ada pengguna yang mengaku baterai habis dalam hitungan detik setelah persentase menyentuh angka 30. Ada juga yang menyebut baterai turun dari angka 100 persen ke 50 persen, juga dalam hitungan detik.
Masalah itu sendiri tampaknya datang bersamaan dengan iOS 10.1.1. Pasalnya, saat dicoba untuk di-hard reset, masalah tersebut tetap ada. Apple sendiri merilis dua versi iOS 10.1.1. Update pertama hadir pada 31 Oktober sebagai perbaikan pada masalah data aplikasi Health.
Update yang sama muncul lagi pada 9 November. Update ini ditujukan bagi pengguna yang belum menginstalasi iOS 10.1.1. Meski begitu, Apple tidak melampirkan informasi mengapa versi ini butuh untuk dipasang.
Apple sendiri belum berkomentar terhadap masalah tersebut. Sebaiknya jangan unduh dan pakai dulu update tersebut, sampai Apple merilis perbaikan. (kcm)