Published On: Sel, Mei 28th, 2013

Isnaini Sarankan Anggaran Pilkades Dialokasikan di ADD

TENGGARONG- Anggota Komisi I DPRD Kukar, Isnaini menyarankan agar dana Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) dianggarkan dalam Alokasi Dana Desa (ADD).
Hal ini disampaikannya seiring dengan adanya pungutan proses pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang diselenggarakan di beberapa desa di Kabupaten Kutai Kartanegara.
Seperti di Desa Panoragan Loa Kulu dan Loa Janan. Calon Kepala Desa (Kades) harus mengeluakan dana sekitar Rp5 juta untuk biaya pendaftaran. Beberapa desa telah melakukan pungutan.
Isnaini mengatakan keputusan untuk menarik biaya pendaftaran bagi calon kepala desa sah sah saja dilakukan, hanya saja kurang begitu tepat. “Calon kepala desa yang mendaftarkan diri itu tak perlu untuk ditarik dana pendaftaran,” kata Isnaini.
Ia menjelaskan, harusnya alokasi untuk pelaksanaan pemilihan kepala desa di di sejumlah desa di Kutai Kartanegara dialokasikan melalui Anggaran Dana Desa (ADD). Aparat desa yang masa tugas kepala desa habis, harus mengerti dan mengalokasikan dana untuk pelaksanaan Pilkades, bukan dana penyelenggarannya dipungut dari peserta calon kepala desa,” tambah Isnaini.
Dikatakan Isnaini, alokasi dana desa yang dianggarkan setiap tahunnya di Kukar, sangat berdampak positif dalam proses pembangunan ditingkat desa. Baik dalam bidang pembangunan pendidikan, kesehatan maupun bisa social kemasyarakatan.”Meski nilainya tak sebesar di dinas di kabupaten, namun jelas memberikan dampak, sepanjang sasaran dari kegiatan benar benar tepat dan dirasakan masyarakat setempat,” katanya.
Pada proses pengalokasikan anggaran dana desa, oleh Pemkab Kukar tidak disamaratakan, namun ditinjau dari kondisi luas wilayah, jumlah pendudukan dan potensi yang berada di masing masing desa. “Nilainya mulai Rp5 00 juta sampai Rp2 miliar, tergantung dari kondisi dimasing masing desa,” katanya. (adv/bmb)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger

About the Author

korkal99 - Berita koran harian di kalimantan timur, Kutai Kartanegara, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Berau, Bulungan, politik, pemilu, pilkada, kriminal, olahraga, ekonomi

Email
Print
WP Socializer Aakash Web