ITS Akan Evaluasi Gesits

0
2

Sempat Overheat saat Uji Coba Jakarta – Bali

SURABAYA – Skuter listrik Gesits sempat mengalami overheat saat menjalani uji coba dari Jakarta-Bali pada pekan lalu. Overheat terjadi sejak meninggalkan Cikarang, Kabupaten Bekasi, menuju Cirebon, Jawa Barat.
Namun, kondisi itu tidak membuat skuter buatan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Garansindo itu ngadat di jalan.
“Sempat terjadi overheat pada salah satu skuter. Ini terjadi saat keluar dari Cakung menuju Cirebon. Tapi masih bisa diatasi,” ujar seorang rider Gesits, Grangsang Setia Ramadhani di Surabaya.
Ia menjelaskan, panas berlebih itu terjadi akibat kemacetan yang terjadi sejak dari Jakarta hingga Bekasi. Di kawasan Cakung, Jakarta Timur, meski rombongan sudah mendapat pengawalan, namun para rider hanya melajukan kendaraan antara 10 hingga 20 kilometer per jam. Karena itu, setelah masuk ke Cirebon, skuter Gesits ditambahkan kipas untuk mendinginkan mesin.
Menurut Grangsang, kipas tersebut dipasang sebagai langkah preventif mengingat perjalanan sampai ke Bali masih jauh.
“Sebenarnya tanpa pendingin itu tidak ada masalah. Hanya saja tim berjaga-jaga agar perjalanan lancar,” katanya.
Selain overheat, Grangsang mengaku tidak ada permasalahan berarti selama pengujian selama enam hari. Lima skuter Gesits tiba di Bali tepat waktu yakni pada 12 November 2016.
Sementara itu, Ketua Tim Gesits Muhammad Nur Yuniarto mengatakan, kejadian overheat akan menjadi bahan evaluasi timnya. Sebab, selama ini Gesits sudah menjalani uji coba di laboratorium berulang kali dan hasilnya bagus.
“Secara keseluruhan cukup bagus untuk uji lapangan Gesits dengan rute Jakarta-Bali. Nah, kejadian overheat akan menjadi bahan evaluasi terkait sistem pendingin mesin,” pungkasnya.(okc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here