Home >> Koran Kaltara >> Jaga, Pelihara dan Manfaatkan Bumi Secara Bijaksana

Jaga, Pelihara dan Manfaatkan Bumi Secara Bijaksana

TARAKAN – Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie mengajak seluruh elemen masyarakat agar menjadikan Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) serta Hari Cipta Puspa dan Satwa 2016, sebagai momentum untuk membangun kesadaran dan membentuk kecintaan masyarakat dalam upaya menyelamatkan bumi, menjaga keanekaragaman hayati, menghemat dan menumbuhkan mata air-mata air baru, dan pastinya memberikan oksigen bagi kehidupan.
“Sudah saatnya semangat menanam pohon ada dalam diri kita semua,”ujar Irianto saat pelaksanaan kegiatan penanaman Pohon Mangrove (Bakau) secara simbolis di area tambak Kelurahan Juwata, Tarakan Utara, Senin (28/11). Areal lahan yang ditanam sekitar 500 pohon mangrove merupakan lahan tambak milik warga dengan luasan sekitar 1 ha.
Irianto menegaskan, pentingnya keberadaan hutan dalam kehidupan dan generasi ke depan. Terlebih, belakangan ini sering terjadi bencana alam yang disebabkan rusaknya Daerah Aliran Sungai (DAS) yang berakibat terjadinya banjir dan tanah longsor, buruknya kondisi lingkungan, merosotnya kualitas bentang alam, kritisnya lingkungan.
Pemerintah, kata dia, tidak mungkin bisa berbuat sendiri karena dukungan yang dimiliki terbatas. Namun harus dengan dukungan pemerintah daerah, masyarakat luas, begitu pula dunia usaha.
“Saya mengharapkan penanaman pohon mangrove di area ini menjadi komitmen bersama untuk melestarikan dan memanfaatkan bumi sebaik-baiknya. Ke depan kita harus menjadi masyarakat yang ekologis dan terus berpikir ulang bahwa alam ini harus diwariskan ke generasi masa yang akan datang,” katanya. (adv)