Published On: Kam, Agu 29th, 2013

Jaga Stabilitas Pelaksanaan Pemilu, Kominda Gelar Rakor

PENAJAM - Dalam rangka menjaga stabilitas keamanan menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim  pada 10 September 2013 mendatang  dan pemilihan legislatif dan Presiden tahun 2014, Komunitas Intelijen Daerah (Kominda) bersama Kantor Kesatuan  Bangsa dan  Politik (Kesbangpol) Penajam Paser Utara (PPU),  siang kemarin menggelar rapat koordinasi berkait dengan pelaksanaan tugas Kominda.
Pada kesempatan itu, Ketua Harian Kominda PPU yang juga Kasat Intelkam Polres PPU AKP I Gede Darma Surya mengatakan, walaupun dalam pelaksanaan Pemilu Bupati dan Wakil Bupati PPU beberapa waktu lalu berjalan kondusif, aman dan tentram, namun tidak menutup kemungkinan tidak ada potensi komplik saat Pemilu Gubernur dan Pileg serta Pilpres nanti.
“Walaupun ketika Pilbup kemarin situasi di PPU kondusif, namun belum tentu tidak ada potensi konflik saat pelaksanaan Pemilu lainnya. Oleh karena itu, saya minta seluruh anggota Kominda lebih berperan aktif dan bekerjasama dengan masyarakat, pemerintah dan Ketua RT, guna mencegah secara dini terjadi konflik tersebut,” pintanya.
Sementara itu, Pasi Intel Kodim 0904 Tanah Grogot Kapten Inf  Surono menambahkan, dalam melaksanakan tugas, Kominda  memang tidak tampak, namun peranannya sangat berarti dalam menciptakan keharmonisan dalam negara termasuk juga di daerah PPU ini.
Dirinya meminta, setiap anggota Kominda yang terdiri dari anggota intel sejumlah instansi pemerintah dapat bekerjasasama dan kerja keras mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan yang mengancam keamanan dan ketentraman wilayah.
Pada kesempatan sama Sekretaris Kominda yang juga Kepala Kantor Kesbangpol,  Yahya mengatakan, peran dan fungsi Kominda  sangat penting dalam mendukung penyelenggaraan pemerintah khususnya mendeteksi dan mengantisipasi isu isu menghadapi Pemilukada, Legislatif dan Pilpres, sehingga pelaksanaan pesta demokrasi masyarakat ini berjalan dengan damai dan lancar.
“Peran dan tugas Kominda PPU sangat penting dalam menjaga situasi kondisi, terkhusus dalam pesta demokrasi serta kegiatan politik dan kemasyarakat lainnya. hasil Rakor ini, nantinya dilaporkan kepada Bupati atau Wabup PPU selaku kepala daerah,” pungkasnya. (nav)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger

About the Author

korkal99 - Berita koran harian di kalimantan timur, Kutai Kartanegara, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Berau, Bulungan, politik, pemilu, pilkada, kriminal, olahraga, ekonomi

Email
Print
WP Socializer Aakash Web