Jaga Tradisi 10 Muharram dengan Bubur Asyura

0
1
RUTIN TIAP TAHUN: Tak hanya ibu-ibu, bapak-bapak pun terlibat dalam proses memasak bubur asyura yang dilakukan warga Jl Lambung Mangkurat ini kemarin.

SAMARINDA – Hari Asyura yang jatuh setiap tanggap 10 Muharram diperingati umat muslim dunia termasuk di Indonesia Selasa (11/10) kemarin. di Samarinda, warga RT 02 Jalan Lambung Mang­kurat, Kelurahan Sungai Pinang, Kecamatan Sungai Pinang Dalam termasuk yang merayakannya dan sudah jadi kebiasaan, membuat bubur Asyura secara bersama-sama pun dilakukan.
Tradisi yang dilaksanakan setiap tahun dan terus dijaga kelestarian­nya secara turun temurun ini dilaksanakan untuk mengenang perjuangan Rasulullah SAW saat kesulitan bahan makanan di medan perang. Bukan hanya kaum ibu yang memasak, para bapak pun turut membantu proses pembuatan bubur asyura, secara bergantia para bapak mengaduk nasi yang sudah dituang ke dalam kuali besar dan dimasak untuk menjadi bubur.
Warga sengaja tidak menggunakan kompor tapi dengan kayu bakar karena menjaga cita rasa bubur asyura itu sendiri. Warsiman, warga Lambung Mangkurat yang memasang bubur tersebut menjelaskan, seluruh bahan yang digunakan merupakan sumbangan warga. ”Beras, sayuran hingga daging diaduk menjadi satu dan ditambah rempah-rempah yang sudah diolah terlebih dahulu. Itu semua hasil sumbangan warga disini,” ucapnya.
Ketua RT 02 Senen mengatakan, setiap tahunnya di awal bulan Muharram, mereka selalu membuat bubur asyura dimana warga secara sukarela menyediakan bahan-bahan untuk pembuatan bubur tersebut, dan kemudian memasaknya. “Ini kebiasaan kami dari dulu, membuat bubur Asyura dari bahan-bahan yang telah disiapkan warga, seperti beras, sayuran dan buah-buahan, ditambah bahan lainnya,” jelas Senen.
Setelah bubur masak lalu dibagi-bagikan dan dimakan pula secara bersama-sama dengan terlebih dahulu dibacakan doa selamat. “Ini juga sebagai upaya mempererat silaturrahmi dan kebersamaan antarwarga kami,” tambah Senen dan diamini warga yang hadir saat itu. (man)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here