Home >> Bontang - Kutim >> Jalan Ambruk Ancam Rumah dan IPA PDAM
BADAN jalan ambruk di Kelinjau Ilir
BADAN jalan ambruk di Kelinjau Ilir

Jalan Ambruk Ancam Rumah dan IPA PDAM

SANGATTA – Arus deras sungai Kelinjau, Kecamatan Muara Ancalong Kutai Timur (Kutim), mengakibatkan jalan menuju PDAM Muara Ancalong, Desa Kelinjau Ilir, Muara Ancalong, sejak beberapa hari yang lalu ambruk. Putusnya badan jalan menghambat aktivitas masyarakat setempat.
Jalan yang ambruk mencapai 2 meter bahkan mengancam salah satu rumah warga Kelinjau Ilir. Sejumlah warga mengkhawatirkan, jika lahan yang ambruk tidak dilakukan penurapan, berpoteni mengancam rumah warga serta Instalasi Pengolahan Air (IPA) Muara Ancalong.
Salah seorang warga Kelinjau Ilir, Ainuddin mengatakan, akibat arus deras mengakibatkan ambruknya badan jalan dengan lebar lebih 2 meter itu dan panjang 20 meter tersebut, mengancam rumah warga serta jaringan pipa air PDAM dan tiang listrik milik PLN.
“Jika tidak ada perbaikan atau pengamanan terhadap pipa serta jaringan listrik, bisa menganggu ketersediaan fasilitas publik di Muara Ancalong,” kata Ainuddin.
Menurutnya, kawasan Kelinjau, Muara Ancalong dalam beberapa tahun terakhir kerap ambruk akibat meluapnya air Sungai Kelinjau. Bahkan warga menyebutkan sudah puluhan rumah menjadi korban meski tidak ada korban jiwa.
“Banjir bandang mengkhawatirkan warga pasalnya letak Desa Kelinjau Ilir dan Ulu berada di persimpangan sungai yang dalam kurun waktu tertentu berarus deras, sehingga membuat tanah ambruk,” katanya (sab)