Breaking News
Home >> Samarinda >> Jalan Utama Belimau Makin Lebar

Jalan Utama Belimau Makin Lebar

SAMARINDA – Meski di tengah kondisi keuangan defisit yang hampir sering didengungkan setiap daerah di Indonesia, namun untuk Samarinda tidak sampai parah. Bahkan walaupun pemangkasan dana perimbangan dari pemerintah pusat tahun ini hingga mencapai Rp 500 miliar lebih, namun pembangunan yang menyentuh kepentingan masyarakat banyak tetap berjalan normal.
Salah satunya akses jalan utama di Belimau, Samarinda Utara. Jalan yang dulunya banyak berlubang dan rusak parah itu, kini hampir keseluruhan mulus dengan program cor beton yang dilakukan Pemkot Samarinda melalui Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP). Selain tebal, akses jalan yang telah dicor beton itu juga terlihat jauh lebib lebar dari sebelumnya, sehingga sangat membantu warga setempat dalam hal mobilitas untuk mendukung aktivitas ekonomi mereka.
Walikota Samarinda, Syaharie Jaang bersama rombongan beberapa waktu lalu berkesempatan meninjau ke lokasi tersebut usai meninjau kondisi terkini Jembatan Mahkota II di Sungai Kapih, Sambutan. Walikota yang ditemani Asisten II Sugeng Chairuddin, Kepala DBMP Hero Mardanus, Kabid Bina Marga Achmad Husain, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Tajudin Husen, serta sejumlah pejabat terkait lainnya itu tidak bisa menutupi rasa gembira dan bangganya saat mengetahui kondisi terkini di lapangan. Hampir seluruh akses jalan di sana telah mulus. Sebagian besar sudah kering dan bisa dilewati. Sedangkan sebagian lainnya telah dicor dan menunggu proses pengeringan. Sementara tinggal sebagian kecil lainnya dalam proses pengerjaan.
“Alhamdulillah, di Belimau ini luar biasa. Jalannya mulus dan lebar. Kalau ini disapu bersih, mungkan banyak warga yang duduk bersila di jalan. Semoga bisa memberikan kenyamanan bagi warga di Belimau ini,” ujar Walikota di sela-sela tinjauan.
Ia berpesan kualitas pekerjaan harus menjadi perhatian serius. Begitu pula kerja sama masyarakat. Diminta agar bersabar dengan tidak melintasi jalan tersebut sebelum dinyatakan boleh digunakan.
“Tolong sampaikan kepada Ketua RT supaya dijaga betul-betul. Jangan ada yang lewat sebelum benar-benar kering. Biar hasilnya baik dan memuuaskan,” pesan Walikota yang diarahkan ke Camat Samarinda Utara, Syamsu Alam yang ikut mendampinginya.
Selain di Belimau, Walikota juga meninjau akses jalan dari arah Sungai Kapih menuju Pulau Atas di Sambutan. Jalan yang dulunya berupa agregat kini telah mulus. “Memang dua akses jalan ini menjadi prioritas dan sempat saya janjikan dulu. Ternyata sudah direspon baik oleh instansi terkait. Memang belum semuanya dibayar luna, tapi kita bersyukur, karena saat ini sudah bisa dinikmati warga,” pungkas Jaang. (man)