Breaking News
Home >> Nasional >> Jokowi Bahas Kerja Sama Dengan PM Belanda

Jokowi Bahas Kerja Sama Dengan PM Belanda

JAKARTA – Pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte, Rabu (22/11), membahas sejumlah kerja sama.
“Hal ini menunjukkan kepercayaan, menunjukkan trust dan komitmen pemerintah dan swasta Belanda untuk terus meningkatkan kerja sama dengan Indonesia,” ujar Jokowi dalam pernyataan resminya, usai pertemuan.
Pertemuan bilateral banyak membahas kerja sama ekonomi dan fokus pada perdagangan, investasi, pengelolaan air dan pembangunan infrasturktur maritim.
Soal perdagangan, Belanda merupakan salah satu mitra utama Indonesia di Eropa.
Buktinya, angka perdagangan, investasi dan turis dari Belanda termasuk yang tertinggi dibanding-kan negara-negara Eropa lain.
Sementara soal pembangunan infrastruktur kemaritiman, Jokowi menyebut, salah satu bentuknya adalah pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung.
Selain sektor ekonomi, Indonesia dan Belanda juga menjalin kerja sama pada sektor pemberantasan terorisme.
“Indonesia-Belanda sudah bermitra baik untuk pemberantasan terorisme di Jakarta Centre for Law Enforcement Cooperation yang berlokasi di Semarang. Kedua negara juga aktif di Global Counterterrorism Forum,” ujar Jokowi.
“Ancaman terorisme saat ini mengharuskan kedua negara untuk meningkatkan kerja sama terorisme,” kata dia.
Terakhir, kerja sama yang dijalin kedua negara adalah di bidang pendidikan. Indonesia-Belanda sepakat bekerja sama dalam hal pelatihan sekolah kejuruan di bidang pertanian, perubahan iklim dan pengolahan sampah.
PM Rutte mengapresiasi sejumlah kerja sama itu. Ia yakin kerja sama Indonesia-Belanda semakin menguntungkan bagi dua negara.
“Indonesia, dulu dan sekarang masih menjadi rekan yang sangat penting bagi Belanda. Kami harap kebersamaan ini bisa membangun masa depan yang cerah antara dua negara,” ujar Rutte.(kcm)