Home >> PPU - Paser >> Jumat Bersih, Polisi Galakkan Kerja Bakti
KERJA BAKTI: Sejumlah personel kepolisian mengikuti kegiatan Jumat bersih dengan kerja bakti di beberapa kawasan yang dekat dengan Polres Paser.
KERJA BAKTI: Sejumlah personel kepolisian mengikuti kegiatan Jumat bersih dengan kerja bakti di beberapa kawasan yang dekat dengan Polres Paser.

Jumat Bersih, Polisi Galakkan Kerja Bakti

TANA PASER – Guna menjaga dan memelihara kebersihan di Kabupaten Paser, Jumat (18/11), segenap personil Kepolisian Sektor (Polsek) menggelar kerja bakti bersih–bersih dan penambalan jalan berlubang di sejumlah Wilayah Hukum (Wilkum) Polres Paser.
Di Wilkum Polsek Long Kali, menurut Kapolsek Long Kali AKP Danang Aries Susanto, pihaknya melaksanakan kegiatan kerja bakti bersama antara Polsek dengan Koramil dan instansi pemerintahan di lingkungan Kecamatan Long Kali.
“Setelah melaksanakan apel gabungan, sekira Pukul 08.30, kami beserta TNI dan aparatur pemerintah kecamatan melakukan kerja bakti. Untuk membersihkan sampah dan rerumputan di sepanjang parit atau got, yang melintasi Kantor Kelurahan, Langgar dan Mapolsek Long Kali,” katanya usai kerja bakti.
Dalam kerja bakti ini, lanjut dia, pihaknya menggunakan peralatan cangkul, sekop, arit, parang, arko dan kendaraan pengangkut sampah. Aksi berakhir sekira pukul 09.40 Wita.
“Kegiatan itu dihadiri Camat Long Kali Sugianoor, perwakilan Danramil Long Kali Sertu Kamal Husen, Lurah Khairul, Satpol PP, perwakilan Manggala Agni dan siswa SMK Al Ikhlas Long Kali,” ucapnya.
Masih di hari yang sama, Polsek Batu Engau pun melakukan kerja bakti kurvei penambalan jalan berlubang didepan mako. Kapolsek Batu Engau Iptu Yulianto Eka Wibawa mengatakan, bahwa agenda itu adalah sebagai antisipasi resiko kecelakaan lalu lintas.
“Guna antisipasi kecelakaan lalu lintas, kami menggunakan batu koral untuk menutupi jalan berlubang di depan Mapolsek Bangau (Batu Engau,red). Giat dilaksanakan usai apel pagi, sekira pukul 07.00 sampai pukul 09.15 Wita,” ungkapnya.
Lain di Long Kali dan Batu Engau, lain pulalah di Long Ikis. Dimana, Polsek Long Ikis melaksanakan kerja bakti bersama warga untuk membersihkan jalan di persimpangan Desa Simpang Pait sekaligus membenarkan posisi spanduk himbauan tertib berlalu lintas yang miring akibat diterpa angin kencang dan mengecat pos polantas disana.
“Karena terletak di lintasan Jalan Trans Kaltim–Kalsel, tentunya persimpangan empat di Simpang Pait ini banyak pengguna jalan yang berlalu lalang. Untuk itu, kami melaksanakan kerja bakti dengan dibantu warga sekitar. Dan sehubungan bertepatan dengan Ops Zebra 2016, kami juga mengecat kembali pos Polantas disana,” sebutnya.
Terpisah, Kapolres Paser AKBP Hendra Kurniawan sangat mengapresiasi kegiatan kerja bakti yang dilakukan jajarannya di Wilkum Polres Paser. Pasalnya, melalui kerja bakti tentunya akan terjalin silaturahmi dan kebersamaan antar instansi di wilkum masing–masing.
“Selain kebersamaan, kerja bakti juga akan memicu terjadinya kekompakan antar lembaga dan warga. Apalagi, giat ini merupakan upaya dan komitmen bersama untuk memelihara dan menjaga kebersihan lingkungan,” katanya.
Lebih lanjut, AKBP Hendra Kurniawan berharap, melalui kegiatan seperti tersebut mampu memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk merawat dan memelihara kebersihan lingkungan. Demi terwujudnya Kabupaten Paser Bersih dan Sejahtera (Berse).
“Kalau lingkungan selalu bersih, kan kesehatan warganya menjadi terjaga. Itulah mengapa kami memupuk kebersamaan antar warga, guna membantu tercapainya kenyamanan yang bermanfaat bagi warga setempat,” pungkasnya. (sur)