Home >> PEMKAB_KUTAI KARTANEGARA >> Jumlah UKM di Kukar Mencapai 8.456 Unit
SEJUTA DOMAIN:  Marli memberikan cindermata kepada Direktur e-busines Kominfo RI Azhar Hasyim saat sosialisasi sejuta domain id.
SEJUTA DOMAIN: Marli memberikan cindermata kepada Direktur e-busines Kominfo RI Azhar Hasyim saat sosialisasi sejuta domain id.

Jumlah UKM di Kukar Mencapai 8.456 Unit

Marli Buka Sosialisasi Program Satu Juta Domain id

TENGGARONG – Sekkab Kutai Kartanegara H Marli membuka sosialisasi program satu juta domain id, Indonesia go online yang diikuti oleh para pelaku UMKM/IKM Kukar di Hotel Grand Fatma, Rabu (16/11) lalu.
Acara dihadiri oleh Kepala Diskominfo Kukar H Surip, Ketua Tim Penggerak PKK Kukar Maslianawati Edi Damansyah, General PT Telkom Indonesia tbk Witel Kaltim Tengah Fadmi dan Direktur e-business Kominfo RI Azhar Hasyim.
Azhar Hasyim mengatakan program pemberian domain id dari Kementerian Kominfo RI yang diperuntukan bagi UKM, sekolah, madrasah, pondok pesantren dan komunitas agar mampu bertransaksi, berkomunikasi lewat internet dengan fokus website yang teredukasi.
“Program 1 juta domain ini diberikan secara gratis selama 1 tahun kepada para pelaku UMKM yang meliputi pemberian nama domain, layanan sewa hosting atau penyimpanan data, template web sekaligus pendampingan penggunaan website,” katanya.
Transaksi e-commerce Indonesia berkisar Rp200 triliun per tahun dan pada tahun 2020 ditargetkan akan mencapai 130 miliar dolar AS atau setara Rp1.850 triliun.
”Pemerintah ingin menciptakan pengusaha–pengusaha digital dan menciptakan aplikasi–aplikasi digital dengan target 2020 akan terciptanya 1000 orang pengusaha,”ujarnya.
Dia berharap target untuk mendorong UMKM untuk memasuki pemasaran online bisa mencapai target dalam melakukan transaksi e-commerce pada tahun 2020.
Marli mengatakan jumlah UMKM/IKM yang terdata di Kukar sebanyak 8.456.
Pemkab Kukar, kata dia, melalui program Gerbang Raja II dari tahun 2011 hingga sekarang telah menggulirkan kredit lunak bagi 869 kelompok Usaha Bersama Perempuan (UBP), yang didistribusikan melalui BKBP3A.
Melalui program Gerbang Raja II, secara bertahap akan dibangun jaringan internet ke sekolah, membangun kawasan IT park, dan jaringan komunikasi data ke desa. (hmp06)