Dipublish: 26 Maret 2013, 22:10

Kader PKPI Terlanjur Pindah Parpol

SANGATTA-Puluhan kader dan pengurus Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) di Kutim telanjur pindah ke parpol lain, sebelum diumumkannya PKPI sebagai salah satu partai peserta Pemilu 2014. Ketua Pengurus Anak Cabang (PAC) PKPI Kecamatan Muara Bengkal, Kutai Timur, H Sudiyanto, Selasa, mengatakan, sudah banyak kader dan pengurus yang “lari” sejak beberapa bulan lalu. Bahkan, katanya, sebagian dari mereka pindah sebagai pengurus dan calon anggota legislatif (caleg) di parpol barunya.
“Banyak pengurus dan kader PAC PKPI Muara Bengkal pindah parpol, ada yang jadi pengurus dan juga caleg,” kata Sudiyanto, yang juga anggota DPRD Kutai Timur.
Ditemui di sela-sela mengikuti rapat pembentukan Panitia Khusus (Pansus), H Sudiyanto menjelaskan, kepindahan para pengurus dan kader PKPI Muara Bengkal ke parpol lain, akibat saat itu tidak ada kepastian lolos tidaknya PKPI sebagai peserta Pemilu 2014.
Karena tidak ada kepastian lolos atau tidak, ujarnya, mereka secara sukarela pindah dengan memilih partai-partai peserta pemilu 2014 yang sebelumnya sudah ditetapkan dan diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).
“Dengan banyaknya pengurus dan kader PKPI Kecamatan Muara Bengkal yang lari ke parpol lain, tentu berdampak kurang baik, karena harus kembali mencari dan menyusun pengurus baru nanti,” kata H Sudiyanto yang sudah dua periode menjadi wakil rakyat dari daerah pemilihan (dapil) Kutai Timur 2.
Dikatakannya, untuk memanggil mereka kembali bergabung di PKPI, tidak mudah karena sebagian mereka sudah menduduki jabatan dan posisi di parpol lain, termasuk ada yang sudah mendaftar sebagai caleg.
Terkait lolosnya PKPI sebagai peserta pemilu 2014, Sudiyanto mengatakan, belum menerima langsung instruksi dari DPP, namun sudah mendapat kabar dari DPP Provinsi Kaltim  melalui SMS.
“Kami sudah mengetahui PKPI lolos pemilu melalui televise dan surat kabar, namun belum mendapat perintah DPP, kami sudah siap bekerja,” tambah Sudiyanto.
Ketua KPU Husni Kamil Manik pada Senin (25/3) mengumumkan bahwa PKPI dinyatakan sebagai peserta Pemilu 2014 dengan mendasarkan pada keputusan Bawaslu yang ditegaskan PTTUN sepanjang gugatan PKPI untuk ditetapkan sebagai peserta Pemilu 2014.
Keputusan itu tertuang dalam keputusan KPU No.165/KPTS/KPU/2013 tentang penetapan PKP Indonesia sebagai peserta Pemilu 2014.
Selanjutnya, PKPI mendapatkan nomor urut 15 berdasarkan Keputusan KPU No.166/KPTS/KPU/2013. (ant)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger