Home >> Politik >> Kahar Pilih Selesaikan Lewat Jalur Hukum

Kahar Pilih Selesaikan Lewat Jalur Hukum

Jika Negosiasi ke Mahkamah Partai Buntu

BONTANG – Ketua DPRD Kota Bontang, Kaharuddin Jaffar memilih akan menempuh jalur hukum jika lobi ke Mahkamah Partai gagal.
Kaharuddin diketahui saat ini mencari keadilan atas keputusan partainya yang tetap memaksanya untuk meletakkan jabatan politiknya. Sebagai langkah persiapan ke jalur hukum, Kahar –sapaan karibnya– mengaku akan menunjuk koleganya di Partai Golkar dulu, Harman Thamrin sebagai kuasa hukum.
“Itu langkah saya selanjutnya. Sudah komunikasi. Tapi belum resmi saya tunjuk sebagai kuasa hukum,” kata Kahar.
Kahar menjelaskan meskipun Harman Thamrin kini menjabat Ketua Perindo Bontang, itu bukan berarti dirinya berniatan hendak berlabuh ke partai tersebut. “Jangan dikait-kan,” kata dia.
Menurut Kaharuddin menunjuk Harman Thamrin sebagai kuasa hukum karena profesinya yang memang sebagai pengacara di Bontang. “Nanti ada lagi yang mengira saya gabung ke Perindo, tidak lah. Mudah-mudahan semuanya berjalan baik,” kata Kaharuddin.
Kaharuddin menuturkan, bahwa dirinya telah menempuh berbagai jalur bukan karena ingin mempertahankan jabatan. Dia menganggap jabatan yang dia emban adalah amanat. Ia sama sekali tidak keberatan jika harus melepaskan, kapan pun itu.
“Bagi saya, mekanisme penggantian harus sesuai (aturan partai),” ungkap Kaharuddin.
Dia mendapat surat yang menyebutkan telah ada pelanggaran dalam orga-nisasi (Golkar) yang telah dibuatnya. Dia merasa tak melakukan pelanggaran, makanya langkah hukum akan dia tempuh kalau jalur Mahkamah Partai tetap buntu.
Untuk diketahui, Harman Thamrin adalah Sekjen Golkar Bontang ketika ketuanya dijabat oleh Andi Harun. Saat Musda Golkar yang kemudian mengusung Neni Moerniaeni sebagai ketua, Harman Thamrin tidak masuk dalam gerbong partai. Politisi yang ber-profesi sebagai pengacara itu kemudian berlabuh ke Perindo dan memegang jabatan strategis, sebagai ketua DPD Bontang.
Sebelumnya diberitakan, Nursalam Ketua Fraksi Golkar DPRD Bontang dipastikan bakal menggeser posisi Ketua DPRD Kaharuddin Jaffar. Kepastian tersebut setelah terbitnya Surat Keputusan (SK) DPP Partai Golkar untuk pergantian Ketua DPRD Bontang sudah terbit. SK dengan Nomor B-848/Golkar/XI/2016 ter-tanggal 17 November 2016 perihal persetujuan penggantian ketua DPRD Bontang. (ram914)