Home >> Olahraga Daerah >> Kaltim Gelar Gasnaswil V 2016

Kaltim Gelar Gasnaswil V 2016

SAMARINDA – Pengprov Persaudaraan Kempo Indonesia (Perkemi) Kaltim akan menggelar Gashuku Nasional Wilayah (Gasnaswil) V 2016, pada 16-18 Desember mendatang di Kompleks Stadion Madya Sempaja, Samarinda. Gelaran ini akan diikuti peserta dari seluruh Kalimantan yakni Kaltim, Kalsel, Kaltara, Kalbar dand Kalteng serta Kaltara dengan jumlah peserta sekitar 100 orang.
Tujuan dari kegiatan tersebut untuk merumuskan strategi atlet kempo Bumi Etam menuju PON 2020 Papua. Kegiatan ini merupakan ujian bagi atlet untuk kenaikan sabuk bagi atlet dari junior ke senior. Hal ini disampaikan langsung Sekum Perkemi Kaltim, Suprayogi, Rabu (30/11) kemarin, di KONI Kaltim, Jl Kesuma Bangsa.
“Ini merupakan agenda dari PB dan Kaltim itu ada di wilayah V, yang merupakan salah satu pembinaan teknik yang disebut gasnaswil, nah masing -masing wilayah itu ada pembinaannya karena memang ini sudah merupakan agenda tahunan PB,” ucapnya.
Penguji akan ada 2 orang dari PB yang dibantu 2 orang dari Kaltim. Dalam ajang ini juga akan dilaksanakan ujian tingkat Kyu sampai II DAN. “Kami berharap, atlet serius dalam mengikuti Gashuku Nasional ini, karena kegiatan ini dapat mengangkat dojonya untuk lebih berprestasi di kancah nasional maupun internasinal,” imbuhnya.
Yogi menambahkan dari kegiatan gashuku ini sebagai ujian bagi atlet muda potensi-poetensi dari daerah. Dengan usianya yang relatif muda tentu bisa dipersiapkan untuk menuju PON 2020 Papua. Dengan adanya tingkatan-tingkatan seperti ini kata dia akan lebih memudahkan dalam pembinaan atlet di masing-masing tingkatannya.
“Artinya, kalau ada tingkatan seperti ini akan lebih mudah dan atlet-atelt bisa bersaing di kelas atau tingkatannya mereka, sekaligus ini juga akan mengasah kemampuan atlet menjadi lebih baik, sehingga pembinaan harus tetap terus berjalan sesuai program latihan dari masing-masing pelatih,” Pungkasnya. (rgn)