Kamis, 28/12/2017

Perbaikan Trans Kaltara Dilanjut Tahun Depan

Kamis, 28/12/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Perbaikan Trans Kaltara Dilanjut Tahun Depan

Kamis, 28/12/2017

MALINAU- Anggaran Rp49 miliar tampaknya tidak cukup untuk kegiatan perbaikan dan pemeliharaan Jalan Trans Kaltara dari Sekatak Buji sampai Malinau. Banyaknya titik kerusakan, dinilai membutuhkan anggaran perbaikan lebih. 

“Nomenklatur kegiatannya memang untuk Sekatak Buji-Malinau. Tapi realisasinya tidak sampai ke Malinau. Pekerjaan efektifnya selesai tahun ini, lokasinya di dekat air terjun Gunung Seriang. Kemudian satu lokasi lagi di dekat Sekatak Buji,” terang Kepala Satker Pengelola Jalan Nasional (PJN) Wilayah I Kaltara, Sulistya Mahendra, Kamis (28/12) kemarin, sekaligus menanggapi berita terkait proyek tersebut di media ini.  

Dijelaskan Sulistya, anggaran sebesar Rp49 miliar tersebut memang dialokasikan untuk ruas jalan Sekatak Buji sampai Malinau sepanjang 103 kilometer. Namun terdapat berbagai kegiatan pada proyek yang didanai APBN tersebut yang cukup menyedot anggaran. Antara lain adalah penurunan badan jalan. 

“Pemotongan bukit atau perbaikan geometrik jalan yang dekat air terjun Gunung Seriang,” jelasnya. 

Karena itulah anggaran Rp49 miliar tidak mampu membiayai seluruh kegiatan perbaikan pada jalan tersebut. Alhasil, masih ada bagian jalan yang kemudian tidak dapat disentuh anggaran pada tahun 2017 ini.

Kondisi tersebut sudah diprediksi pihak Satker PJN I Kaltara. Sulistya mengungkapkan bahwa  perhitungan awal dari PPK akan ada ruas jalan yang tersisa, alias tak dapat disentuh perbaikan. 

“Memang perhitungan awal dari PPK kami, dengan dana tersebut dari total kerusakan sepanjang ruas Sekatak Buji-Malinau sepanjang 103 kilometer  tidak ter-cover 25 persen,” jelasnya.

Terhadap ruas jalan yang tersisa, yaitu ruas Jalan Trans yang ada di wilayah Malinau akan digarap pada tahun yang akan datang. “Insya Allah kita lanjutkan dengan dana tahun anggaran 2018,” pungkasnya. (wh)


Perbaikan Trans Kaltara Dilanjut Tahun Depan

Kamis, 28/12/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.