Rabu, 21/06/2017

Waspadai Kebakaran Rumah Kosong yang Ditinggal Mudik

Rabu, 21/06/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Waspadai Kebakaran Rumah Kosong yang Ditinggal Mudik

Rabu, 21/06/2017

TANJUNG SELOR – Pergi ke kampung halaman atau biasa disebut mudik, menjadi tradisi turun temurun di Indonesia. Tak terkecuali di Bulungan. Warga perantau pun mulai bersiap untuk kampung halaman. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, kewaspadaan pun tetap diperlukan. Termasuk terhadap rumah atau tempat yang ditinggalkan mudik.

Masyarakat perlu memperhatikan tingkat keamanan dari sumber api dan listrik yang ada di rumah. Kepala Bidang Penanggulangan Masalah Kebakaran (PMK) pada Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Penanggulangan Masalah Kebakaran (Dins Satpol PP dan PMK) Kabupaten Bulungan, Bahmid Bima Waluyo Oetomo menjelaskan, yang harus diperhatikan masyarakat agar tidak ada celah kebakaran dari sumber listrik, antara lain, periksa seluruh sambungan yang ada di rumah, pastikan tidak ada kabel elektronik yang masih menempel ke sumber listrik, baik dari penanak nasi, kipas angin, televisi, komputer dan lainnya. 

Hal tersebut dijelaskan Bahmid untuk menghindari adanya konsleting yang dapat menimbulkan percikan api. Selain itu, dalam hal penerangan lebih baik memakai lampu dengan watt kecil antara 5 watt hingga 10 watt untuk di dalam ruangan dan memakai lampu yang mampu menerangi dengan baik, untuk di halaman rumah.

“Intinya masyarakat harus tetap waspada terhadap rumah yang ditinggal. Di-cek lagi sebelum berangkat, untuk meminimalisir apabila ada yang tertinggal karena lupa,” terang Bahmid.

Selanjutnya, untuk menjamin keamanan dari sumber api, masyarakat diminta untuk melepas regulator kompor gas dari tabungnya. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir adanya kebocoran pada selang ketika ditinggal dalam waktu sekitar seminggu ini. “Pastikan juga tidak ada kebocoran dari tabung gasnya, jangan sampai ada hal yang tidak diinginkan terjadi,” ungkapnya.

Terkait kesiapan petugas saat Idul Fitri tahun ini, dijelaskan Bahmid tetap mengikuti standar tugas seperti biasanya. Karena meskipun tidak diinginkan, potensi kebakaran tidak mengenal waktu dan keadaan. “Kita tetap siaga, semua teman – teman juga waspada. Karena memang inilah tugas kita,” tegasnya.

Terkait penanggulangan awal kebakaran saatsumber api masih kecil adalah dengan mencari kain basah untuk menutupi titik api. Bisa juga dengan pasir dan jangan lupa juga sebelumnya mematikan aliran listrik terlebih dahulu serta segera menghubungi petugas pemadam kebakaran. (ag217)

Waspadai Kebakaran Rumah Kosong yang Ditinggal Mudik

Rabu, 21/06/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.