Jumat, 19/01/2018

Petani Mahulu Dapat Program Pajale

Jumat, 19/01/2018

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Petani Mahulu Dapat Program Pajale

Jumat, 19/01/2018

UJOH BILANG – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Disketapangtan) Mahakam Ulu (Mahulu), tahun ini, mulai menggalakkan petani di lima kecamatan untuk mengembangkan 3.174 hektare padi sawah dan padi gunung. Bahkan tak tanggung-tanggung, guna mendukung ketahanan pangan yang di programkan oleh Kementerian Pertanian RI, petani di 5 kecamatan akan diberi bantuan program ‘Pajale’ (Padi, Jagung, dan Kedele). 

“Akan dimulai tahun ini, merupakan program dari pusat guna menunjang ketahanan pangan masyarakat. Untuk program utama adalah pengembangan padi gunung di atas lahan seluas tiga ribu hektare, kemudian padi sawah seluas 174 hektare untuk petani se-Mahulu,” jelas Kepala Dinas Ketapangtan Mahulu, Saripudin kepada wartawan di Ujoh Bilang, Kamis (18/1) kemarin.

Dia menegaskan, program tersebut dibarengi dengan Pajale yang merupakan program unggulan dari Kementerian Pertanian RI. Menurutnya, agar program tersebut bisa berjalan, segera akan disosialisasikan kepada Kelompok Tani (Poktan) se-Mahulu. 

“Program ini merupakan tindak lanjut dari Rakernas pada 15 Januari tadi. Segera akan diatur datanya kepada 110 Poktan se-Mahulu yang lolos dalam validasi,” bebernya. 

Saripudin menambahkan, program tersebut harus bisa berjalan mulai tahun ini di Mahulu karena fungsinya penting untuk menunjang perekonomian masyarakat, menjaga ketahanan pangan. Terelebih lagi ini merupakan program utama dari pemerintah pusat. 

Saripudin tak menampik  jika kondisi geografis Mahulu yang hampir 80 persen diliputi gunung dan bebukitan, sangat menyulitkan petani dalam mengolah lahan pertanian.

“Iya, memang kondisi geografis 5 kecamatan di Mahulu bergunung, sangat menyulitkan petani. Tapi saya optimistis  program ini akan berjalan dengan baik. Karena yang diutamakan adalah kepada 110 kelompok tani. Mereka akan mendapat sosialisasi dan pelatihan khusus. Tetapi kalau untuk potensi padi sawah dan gunung kita optimis berhasil. Karena potensi lahan sawah sudah ada, sedangkan untuk padi gunung, masyarakat sudah terbiasa berladang. Yang diganti hanya bibit padinya saja dengan jenis unggul atau terbaik,” tuturnya.(imr)

Petani Mahulu Dapat Program Pajale

Jumat, 19/01/2018

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.