Rabu, 24/01/2018

Tujuh Penderita HIV/AIDS Meninggal selama 2017

Rabu, 24/01/2018

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Tujuh Penderita HIV/AIDS Meninggal selama 2017

Rabu, 24/01/2018

Penajam–Sepanjang tahun 2017 lalu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mencatat telah menemukan sebanyak 18  kasus penderita Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan rata-rata telah mengidap AIDS.

Dari 18 kasus yang ditemukan itu, tujuh diantaranya telah meninggal dunia. Namun, dari 11 orang yang masih tersisa, hanya lima penderita yang memilih untuk menjalani pengobatan, Enam orang lainnya enggan berobat lantaran menilai dirinya masih sehat.

Total keseluruhan penderita HIV/AIDS yang tercatat di Dinkes Kabupaten PPU sejak tahun 2011 hingga 2018 sebanyak 57 orang. Jumlah itu di luar dari penderita yang telah meninggal dunia. Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten PPU, Eka Wardhana menjelaskan sejumlah  penderita yang ditemukan rata-rata sudah terinfeksi saluran pernapasan, diare dan tuberculosis. Sebagian penderita tidak mau berobat.

“Banyak faktor penyebabnya mungkin karena faktor ekonomi, malu dan tidak percaya diri dengan penanganan obat, penyebab HIV ini kan salah satunya perilaku hidup bebas,” ungkap Eka, Selasa (23/1).

Bagi penderita yang tidak memiliki dana untuk  berobat, Dinkes PPU akan membantu mengambilkan obat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Kanujoso Djatiwibowo, Kota Balikpapan. Eka menambahkan, penderita HIV/AIDS didominasi warga berusia 40-an usia produktif. Rata-rata penderita berjenis kelamin wanita lantaran sebagai akibat sering bergonta-ganti pasangan seksual.

“Kalau di Penajam yang memprihatinkan itu adalah rata-rata disebabkan oleh penularan dari suami ke istri dan sebaliknya, disusul penggunaan jarum suntik,” ujarnya. (wn1017)


Tujuh Penderita HIV/AIDS Meninggal selama 2017

Rabu, 24/01/2018

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.