Kamis, 22/06/2017

Pantau Kesiapan Mudik, Oknum ASN Sebar Stiker Rusmadi Cagub

Kamis, 22/06/2017

Stiker Cagub: Salah satu stiker dengan foto Rusmadi yang disebar dalam pantauan Pemprov Kaltim atas kesiapan mudik.

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Pantau Kesiapan Mudik, Oknum ASN Sebar Stiker Rusmadi Cagub

Kamis, 22/06/2017

logo

Stiker Cagub: Salah satu stiker dengan foto Rusmadi yang disebar dalam pantauan Pemprov Kaltim atas kesiapan mudik.

SAMARINDA - Pemandangan nyeleneh terpampang ditengah-tengah kunjungan kerja Sekprov Kaltim, Rusmadi meninjau kesiapan mudik lebaran di Samarinda, Rabu (21/6). Bukannya menyebar stiker keselamatan mudik, yang ada justru disebar stiker pencalonan Rusmadi sebagai calon gubernur di setiap persinggahan pantauan mudik Pemprov Kaltim. Peristiwa ini terekam oleh awak media. Celakanya, pelakunya adalah oknum ASN yang ikut dalam rombongan.

Pemandangan itu terekam saat Rusmadi dan rombongan meninjau kesiapan mudik di sejumlah terminal dan pelabuhan. Rupanya terselip agenda politik.

Sekitar pukul 09.49 WITA rombongan yang terdiri dari Rusmadi, Kepala Dishub Kaltim Salman Lumoindong, Kepala Disperindagkop Kaltim Fuad Assadin dan beberapa pegawai meninggalkan kantor gubernur, Rabu (21/6) kemarin. Tempat pertama rombongan adalah pasar pagi dan dermaga penyeberangan Pasar Pagi. Ditengah kunjungannya tersebar stiker dukungan pilgub.

Di sela kegiatan, salah seorang ASN tampak justru membagikan stiker berisi permohonan dukungan Rusmadi maju sebagai cagub. Bukan stiker imbauan keselamatan mudik atau deretan harga komoditas yang disebar.

Bukannya ditegur, Rusmadi justru membiarkan. Usai dari pasar pagi dan dermaga penyeberangan, tempat lainnya yang dikunjungi rombongan sekprov adalah Pelabuhan Samarinda di Jalan Yos Sudarso. Di sana rombongan meninjau arus mudik kapal laut. 

Bagi-bagi stiker kembali dilakukan terang-terangan. 

Rombongan pun pergi menuju Pasar Kedondong di Kecamatan Sungai Kunjang. Pembagian stiker masih dilakukan. Bahkan salah seorang pegawai yang mendampingi meminta pedagang memilih Rusmadi pada Pilgub Kaltim 2018 kelak.

“Nanti pilih pak Rusmadi bu,” ujar ASN itu.

Seperti sudah dalam skenario, sementara staf membagikan stiker, Rusmadi sibuk mengunjungi pedagang-pedagang. Salah seorang pedagang yang dihampiri staf berbaju putih itu saat dikonfirmasi sejatinya tak mengenal siapa sebenarnya sosok di stiker dibagikan itu.

“Tidak kenal sih, tapi saya akan dukung kalau kerjanya baik,” ujar Astutik pedagang di Pasar Kedondong Samarinda.

Tak cuma di pasar, pembagian stiker cagub juga terjadi di Dermaga Sungai Kunjang dan Terminal Sungai Kunjang. 

Stiker yang dibawa dalam kantong kresek putih ukuran sedang itu disebar. 

Stiker yang dibagikan tak seragam. Kata-katanya dan modelnya berbeda-beda. Mulai dari Kaltim Bermartabat, Berbudaya, Religius, dan Bahagia mulai, dimana foto sang bakal calon mengenakan surjan (kemeja khas Jawa). Selain itu juga terdapat stiker lain bertuliskan, Mengabdi Tanpa Pamrih Untuk Kaltim Bermartabat. Tapi yang membuat sama adalah terpampang wajah Sekprov, Rusmadi. 

Usai kunjungan, Rusmadi pun memberikan keterangan. Kepada awak media Rusmadi mengaku tidak tahu sedikit pun perihal pembagian stiker tersebut. “Saya tidak tahu soal itu. Kalau pun ada, ya itu dukungan masyarakat saja yang berinisiatif,” ucapnya. 

“Saya juga tak mau dinilai memanfaatkan momen ini untuk hal yang tidak benar (kampanye,),” sambungnya. 

Namun, ia meneruskan, jika ada kelompok masyarakat menginisiasi secara pribadi ia tidak bisa melarang. Yang jelas, tak ada inisiatif dari Rusmadi untuk membagikan stiker tersebut. “Inisiasi? Tidak ada,” tambahnya. 

Andai benar terbukti yang membagikan stiker berstatus PNS/ASN, maka dinilai melanggar Peraturan Pemerintah (PP) 53/2010 tentang Disiplin PNS.  

Sanksinya adalah pemberhentian secara tak terhormat. Apa yang terjadi dengan Rusmadi tentu bertolakbelakang dengan surat edaran yang pernah ia tanda tangani belum lama ini. 

Mengantisipasi netralitas ASN, Pemprov Kaltim sudah menerbitkan Surat Edaran Nomor 800.03/2642/B.Org tentang Pelaksanaan Netralitas dan Penegakan Disiplin Serta Sanksi Bagi ASN Pada Pemilihan Umum Kepala-Wakil Kepala Daerah, disebutkan PNS harus menjaga netralitas. 

Ditemui terpisah, Rita Widyasari mengaku tidak khawatir dengan manuver Rusmadi yang mentasbih diri dengan sapaan Cak Rus itu. “Kalau saya tidak masalah. Itu bukan lawan politik tapi nantinya saat momen pilgub berakhir akan tetap menjadi kawan,” ujar Bupati Kutai Kartanegara itu.

Seluruh bakal calon memang memang belum ditetapkan sebagai calon gubernur, termasuk Rusmadi. KPU Kaltim sama sekali belum bekerja. Dengan demikian, kegiatan mempopulerkan diri bisa dilakukan untuk menarik simpati pemilih. (rs)


Pantau Kesiapan Mudik, Oknum ASN Sebar Stiker Rusmadi Cagub

Kamis, 22/06/2017

Stiker Cagub: Salah satu stiker dengan foto Rusmadi yang disebar dalam pantauan Pemprov Kaltim atas kesiapan mudik.

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.