Jumat, 02/02/2018

Ratusan Produk Daur Ulang Sampah Dipamerkan Hari Peduli Sampah 2018

Jumat, 02/02/2018

Foto: Yul/korankaltim.com

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Ratusan Produk Daur Ulang Sampah Dipamerkan Hari Peduli Sampah 2018

Jumat, 02/02/2018

logo

Foto: Yul/korankaltim.com

SANGATTA – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional di Kutim, sebanyak 11 sekolah Tingkat SD menggelar pameran produk daur ulang karya para siswa siswi tingkat SD di Sangatta. Ratusan produk daur ulang digelar di halaman 001 Sangatta Utara, Kamis (1/2).

Masing-masing sekolah memamerkan berbagai produk daur ulang hasil karya muridnya, yang terbuat dari limbah masyarakat maupun limbah di sekitar sekolah.

Limbah sampah itu disulap para tangan kreatif menjadi  pakaian, aksesoris, hiasan rumah sampai pernik-pernik kebutuhan rumah tangga lainnya yang berbahan baku dari limbah plastik, hasilnya pun sungguh cantik, dan bernilai jual tinggi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kutim, Encek Rafiddin Rizal mengatakan, pameran daur ulang sampah tak hanya sebagai hari peringatan sampah saja, namun juga sebagai upaya menunjukkan bahwa sampah bisa bermanfaat dan menjadi sesuatu yang bernilai.

“Seiring meningkatnya jumlah penduduk, sampah masyarakat pun bertambah. Sementara daya tampung terbatas. Jadi bagaimana memanfaatkan sampah tersebut, until mengurangi timbunan sampah masyarakat,” ungkap Rizal.

Menurut Rizal, permasalahan sampah masih menjadi isu yang serius. Peran generasi muda terutama anak sekolah untuk peduli dan terlibat perlu ditingkatkan. Kementerian Lingkungan Hidup bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan mencanangkan program Adiwiyata.

Selama ini Kutim telah mengikuti program Adiwiyata tahun sejak tahun 2007. Setelah 10 tahun, telah diikuti 77 sekolah, yang tujuh di antaranya sekolah Adiwiyata Mandiri yang memperoleh penghargaan Presiden. SD 001 Sangatta Utara mendapat penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata Kabupaten tahun 2013, provinsi 2015, Dan 2016 sebagai sekolah Adiwiyata Nasional.

“Jadi produk ini digelar di sekolahan yang pernah mendapat Adiwiyata, nantinya akan bergilir,” ucapnya. (yul1116)

Ratusan Produk Daur Ulang Sampah Dipamerkan Hari Peduli Sampah 2018

Jumat, 02/02/2018

Foto: Yul/korankaltim.com

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.