Jumat, 28/07/2017

Kades Diminta Pajang Informasi Penggunaan ADD

Jumat, 28/07/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Kades Diminta Pajang Informasi Penggunaan ADD

Jumat, 28/07/2017

TANA PASER – Guna transparansi penggunaan dana desa kepada masyarakatnya, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Paser meminta kepada seluruh kepala desa (kades) untuk memasang alat peraga yang mencantumkan penggunaan dana desa kepada masyarakatnya.

“Permintaan kepada para kades untuk memasang baliho, spanduk dan papan pengumuman untuk menjelaskan penggunaan dana desa kepada masyarakatnya masing-masing,” ungkap Kepala Dinas PMD Kabupaten Paser Kaftsul Wijaya, kemarin.

Informasi yang disampaikan kepada masyarakat, lanjut ia, adalah berbagai penggunaan dana, baik yang berasal dari pemerintah pusat maupun Alokasi Dana Desa (ADD) dari pemerintah kabupaten (pemkab).

“Untuk penempatannya, kami harap di lokasi yang strategis dan terlihat oleh masyarakat. Sehingga, masyarakatnya menjadi tahu selama ini dana desa digunakan untuk apa saja,” ucapnya.

Dikatakan, transparansi penggunaan dana desa itu sangat penting diketahui masyarakat. Pasalnya, pemerintah desa dalam penyusunan Anggaran Pendatan dan Belanja Desa (APBDes) melalui sistem mekanisme musyawarah desa yang melibatkan semua pihak.

“Meskipun dalam penyusunan APBDes sudah melibatkan sejumlah pihak melalui musyawarah, tranaparansi penggunaan dana desa tetap perlu diketahui masyarakat. Ini sangat penting,” ujarnya.

Dari pantauan Koran Kaltim pada sejumlah desa di wilayah Kecamatan Tanah Grogot, ada yang sudah memasang dan ada pula yang belum memasangnya. Untuk yang telah terpasang seperti di Desa Janju. Sedangkan desa lain, diantaranya Desa Senaken, Tapis dan Desa Jone belum tampak satu pun yang memasangnya.

Saat dikonfirmasi, Kades Janju Edi Kariadi mengatakan, pihaknya telah membuat baliho dan menempatkannya di beberapa lokasi strategis di daerahnya. Dia menyambut baik ide tersebut karena bisa menambah kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah desanya.

“Untuk baliho dan papan pengumumannya, sudah kita buat dan pasang di sejumlah lokasi strategis agar mudah dan bisa langsung terlihat oleh masyarakat. Sehingga, masyarakat kami bisa mengetahui dana desa digunakan untuk apa saja,” katanya.

Kades Tapis Iwan Sanoba mengatakan, pihaknya telah merencanakan pemasangan papan informasi penggunaan dana desa seperti yang dipinta oleh pihak Dinas PMD Kabupaten Paser. Hanya saja, meraka akan menggunakan fasilitas LCD touchscreen.

“Kami sudah rencana mau pasang, tapi menggunakan layar LCD touchscreen, jadi bukan hanya berupa baliho atau papan pengumuman, biar lebih lengkap dan jelas. Sembari menunggu, jika warga ingin mengetahui penggunaan dana Desa Tapis, bisa mengakses langsung website desa online,” katanya. (sur)

Kades Diminta Pajang Informasi Penggunaan ADD

Jumat, 28/07/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.