Selasa, 01/08/2017

Kampung Tepian Buah Wakili Kaltim

Selasa, 01/08/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Kampung Tepian Buah Wakili Kaltim

Selasa, 01/08/2017

TANJUNG REDEB –  Kampung Tepian Buah, Kecamatan Segah terpilih menjadi kampung terbaik tingkat Provinsi Kalimantan Timur dan kini mengikuti penilaian tingkat regional III Kalimantan-Sulawesi. Tepian Buah di pedalaman Bumi Batiwakkal ini masuk dalam lima besar dari 15.239 desa/kampung di wilayah regional III. Kini Kampung Tepian Buah mengikuti klarifikasi lapangan untuk bisa masuk tiga besar dan menuju juara nasional.

Senin (31/7) lalu, tim klarifikasi lapangan dari Kementerian Dalam Negeri mengunjungi Kampung Tepian Buah. Tim didampingi langsung Bupati Berau, Muharram, beserta Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sri Juniarsih Muharram dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. 

Di Tepian Buah tim yang juga didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kaltim, Jauhar Efendy,  disambut masyarakat dengan tradisi masyarakat suku dayak di kampung budaya tersebut.

Muharram memberikan apresiasi dan penghargaan untuk kampung tepian buah yang telah mampu menjadi yang terbaik dari sekian ribu kampung dan berhasil membawa nama Berau hingga kini ke tingkat regional dan diharapkan terus maju hingga tingkat nasional. 

Melalui lomba desa atau kampung ini, dikatakannya, pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri ingin memberikan motivasi bagi pemerintah kampung yang terus berinovasi dan berkreatifitas dalam pembangunan kampung yang lebih baik, rakyatnya semakin aman, damai dan kehidupan yang semakin nyaman.

Tepian Buah dengan segala inovasinya, disampaikan Muharram, memang pantas  menjadi yang terbaik. Di bawah kepemimpinan kepala kampung Emi Suryani, Tepian Buah terus mengalami kemajuan. Kampung yang mayoritas dihuni masyarakat suku Dayak ini bahkan telah memiliki peraturan kampung tentang pelarangan peredaran minuman keras yang juga dipadukan dengan peraturan adat setempat.

Begitu juga dalam penataan kampung yang telah ditetapkan dengan peraturan, hingga budaya gotong royong dan peraturan tidak lagi membuka ladang berpindah pindah. “Tepian ini sangat luar biasa. Berada di daerah terpencil yang dipimpin oleh putra daerah berhasil menjadi yang terbaik dengan berbagai inovasi dalam menjalankan pemerintahan dan pelayanan masyarakat.

Muharram berharap apa yang dilakukan Kampung Tepian Buah ini dapat diterapkan oleh seluruh kampung di Kabupaten Berau. Pasalnya ketika kampung dengan berbagai kreativitasnya mampu mewujudkan pembangunan yang baik, maka akan mengurangi beban dari pemerintah kecamatan bahkan hingga ke pemerintaha kabupaten. 

“Tepian Buah memang layak untuk menjadi juara. Kalau semua kampung seperti ini beban pemerintah kecamatan akan berkurang dan juga beban pemerintah kabupaten juga akan berkurang. Tepian Buah memang layak untuk dicontoh,” ungkapnya.

Sementara Ketua Tim Klarifikasi Lapangan dari Kemendagri, Sautma Sihombing, mengatakan Tepian Buah telah telah ditetapkan sebagai juara tingkat provinsi Kaltim dari 841 desa/kampung, yang kini masuk dalam lima besar tingkat regional.

Kehadiran tim klarifikasi lapangan ke tepian buah untuk melakukan kesesuaian dokumen yang telah disampaikan dengan kondisi rill di lapangan. Di regional III, dikatakannya, ada 11 provinsi dengan 118 kabupaten dan kota serta 1486 kecamatan dan 15239 desa. Selain melakukan kesesuaian data, klarifikasi lapangan dilakukan untuk melihat potensi yang ada dan mengamati kondisi kampung secara keseluruhan.

“Kami perlu tegaskan lomba ini adalah untuk mendorong dan memberi motivasi bagi pemerintah desa atau kampung dan masyarakat untuk terus mewujudkan pembangunan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dan Klarifikasi lapangan ini nantinya akan dipresentasikan untuk menjaring tiga besar yang nantinya akan mempresentasikan langsung di Kementerian Dalam Negeri,” tandasnya. (ind)


Kampung Tepian Buah Wakili Kaltim

Selasa, 01/08/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.