Rabu, 02/08/2017

Draf Proyek Multiyears Masih Dirampungkan

Rabu, 02/08/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Draf Proyek Multiyears Masih Dirampungkan

Rabu, 02/08/2017

 TANJUNG SELOR – Kegiatan pembangunan Pemkab Bulungan melalui program Multiyears atau pembangunan di tahun jamak mestinya sudah bisa dimulai pada tahun ini. Dengan target selesai hingga empat tahun ke depan. Namun demikian, fakta di lapangan sampai saat ini, lelang kegiatan pun masih belum dilaksanakan. 

Sebelumnya, seperti dikatakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-TR) Bulungan Adriani,  proyek Multiyears belum bisa dimulai, karena masih terkendala belum ada kesepakatan untuk alokasi anggaran di tiap tahunnya. Namun demikian setelah adanya pembahasan intens dan ditetapkannya alokasi anggaran itu, saat ini draf dokumen kegiatan untuk dilelang pun juga masih belum rampung. 

“Belum lelang, kami masih menyelesaikan beberapa draf dokumen untuk kegiatan multiyears itu. Sebelum dilelang, insyaallah dalam waktu dekat sudah selesai,” ujar Adriani kepada wartawan, kemarin. 

Kegiatan multiyears itu, kata dia,  tinggal menunggu realisasinya saja, tinggal menunggu lelang pengadaan. Jika tahun ini sudah berjalan maka di tahun berikutnya dipastikan tidak ada masalah, karena hanya melanjutkan. Namun demikian, hingga empat tahun ke depan Pemkab Bulungan harus melakukan pengaturan keuangan secara efektif dan efesien. Pasalnya selain untuk kebutuhan tahunan baik belanja langsung maupun tidak langsung, pihaknya juga harus menganggarkan untuk alokasi pendanaan program pembangunan insfrastruktur melalui multiyears itu. 

Terpisah, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bulungan P. Tumanggor mengatakan, saat ini untuk penentuan alokasi anggaran di tiap tahunnya khusus multiyears sudah disepakati. 

“Sudah ada pembagian alokasi anggaran untuk multiyears itu, di 2017 ini sekitar Rp18, 4 miliar. Kemudian di 2018 dan 2019 sekitar Rp63 miliar. Serta terakhir di 2020 sekitar Rp55 miliar. Jadi 2021 nanti itu tinggal finishing saja lagi,” jelas Tumanggor. 

Diakuinya, proyek multiyears yang direncanakan akan menghabiskan anggaran sekitar Rp200 miliar dan dialokasikan untuk delapan kegiatan terfokus pada insfrastruktur berupa jalan di beberapa kecamatan. Program pembanguna  itu mau tidak mau hingga empat tahun mendatang APBD Bulungan fokus dan konsen untuk menuntaskan kegiatan Multiyears. “Ini harus tuntas, karena multiyears itu tidak boleh membebani kepala daerah berikutnya. Apalgi ini juga menjadi penyokong keberhasilan visi dan misi kepala daerah saat ini,” tandasnya. (an)


Draf Proyek Multiyears Masih Dirampungkan

Rabu, 02/08/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.